Sukses


Piala AFF 2022: Di Antara Nguyen Lainnya di Skuad Vietnam, Quang Hai Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada semifinal leg pertama Piala AFF 2022. Nguyen Quang Hai wajib diwasapadai oleh Fachruddin Aryanto dkk.

Di Piala AFF 2022, Vietnam memperlihatkan permainan yang solid. Lolos sebagai juara Grup A dengan 10 poin dan total 12 gol dicetak tanpa kebobolan, jelas mereka jadi lawan tangguh bagi Indonesia di semifinal.

Ada yang menarik dari materi pemain yang dibawa Vietnam. Mayoritas pemain yang dibawa di turnamen ini bermain di kompetisi domestik Vietnam.

Hanya satu nama yang merantau ke luar negeri. Yakni gelandang Nguyen Quang Hai. Pemain kidal 25 tahun itu bermain untuk tim kasta kedua Liga Perancis, Pau FC.

 

2 dari 5 halaman

Playmaker Andal

Tidak sia-sia Vietnam berupaya keras meminta ijin kepada Pau FC agar melepas Quang Hai untuk tampil di Piala AFF 2022. Berbeda dengan upaya Timnas Indonesia meminta Gillingham FC melepas Elkan Baggott namun gagal, Vietnam berhasil meyakinkan Pau FC.

Quang Hai jadi sosok yang mengatur permainan Vietnam. Kaki kirinya begitu lincah mengalirkan bola ke striker atau pemain sayap. Ketika kehilangan bola, Quang Hai mau turun membantu pertahanan.

Wajar jika di klubnya, Pau FC, dia sudah turun dalam 10 pertandingan dan mencetak 1 gol. Statistik yang apik untuk ukuran pemain ASEAN.

Itu artinya dia tak hanya jadi pemain pelengkap di kasta kedua Perancis. Padahal ini jadi musim pertamanya merantu. Artinnya, Quang Hai tergolong cepat beradaptasi.

 

3 dari 5 halaman

Matang Sejak Usia Muda

Sebelum bermain di Perancis, Quang Hai bermain untuk tim papan atas Vietnam, Ha Noi. Sejak bergabung di tahun 2016, dia sudah jadi pilihan utama. Padahal waktu itu usianya masih 19 tahun.

Bakatnya sebagai calon pemain penting Vietnam sudah terlihat sejak usia muda. Selama di Ha Noi, Quang Hai ikut meraih 4 gelar juara Liga Vietnam. Sedangkan bersama Vietnam, dia merasakan gelar Piala AFF 2018.

Di level Timnas Vietnam, Quang Hai sudah memiliki 42 caps dan mencetak 10 gol untuk tim senior.

 

4 dari 5 halaman

Belum Pernah Absen

Di Piala AFF 2022, Quang Hai selalu tampil dalam empat pertandingan. Dia membuat satu assist saat Vietnam menang 3-0 melawan Malaysia. Bukan tidak mungkin pemain yang satu ini merepotkan lini tengah Timnas Indonesia di semifinal nanti.

Karena cukup sulit mematikan pergerakannya. Saat dapat pressing ketat melawan tim sekelas Malaysia maupun Singapura, Quang Hai dengan tenang masih bisa mengalirkan bola. Kadang dia tidak terlalu lama menguasai bola untuk segera lepas dari pressing lawan.

5 dari 5 halaman

Jadwal Semifinal Piala AFF 2022

Leg I

Jumat, 6 Januari 2023

  • Pukul 16.30 WIB: Timnas Indonesia vs Vietnam (Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta)

Sabtu, 7 Januari 2023

  • Pukul 19.30 WIB: Malaysia vs Thailand (Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur)

Leg II

Senin, 9 Januari 2023

  • Pukul 19.30 WIB: Vietnam vs Timnas Indonesia (Stadion My Dinh, Hanoi)

Selasa, 10 Januari 2023

  • Pukul 19.30 WIB: Thailand vs Malaysia (Stadion Thammasat, Pathum Thani)

Video Populer

Foto Populer