Sukses


Rapor Pelatih Asing Timnas Indonesia pada Piala AFF: Shin Tae-yong Masih di Belakang Alfred Rield

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia kembali gagal meraih gelar juara pada Piala AFF 2022. Laju skuad Merah Putih terhenti pada semifinal setelah kalah agregat 0-2 dari Vietnam.

Kegagalan itu membuat Timnas Indonesia harus melanjutkan puasa gelar yang sudah berlangsung sejak 1996 alias 26 tahun. Sejumlah formula telah dilakukan baik menggunakan jasa pelatih lokal, asing, hingga pemain naturalisasi.

Namun, Dewi Fortuna nyatanya belum mau berpihak dengan Timnas Indonesia. Meski demikian, performa Timnas Indonesia bersama pelatih asing nyatanya tak buruk-buruk amat. 

Sejauh ini, sudah ada empat pelatih asing yang pernah memimpin Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022. Lantas, siapa pelatih asing dengan rapor lumayan bersama Timnas Indonesia sepanjang Piala AFF?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ivan Kolev

Ivan Kolev hanya berkesempatan sekali menukangi Timnas Indonesia pada Piala AFF. Ketika itu, pelatih asal Bulgaria mempersembahkan status runner-up pada edisi 2002.

Penampilan Timnas Indonesia bersama Ivan Kolev cukup lumayan. Namun, kariernya bersama skuad Merah Putih tak panjang karena hanya berlangsung selama 2002-2004.

Secara keseluruhan, Timnas Indonesia asuhan Ivan Kolev meraih tiga kemenangan sepanjang Piala AFF. Adapun sisanya bermain imbang dua kali dan kalah sekali.

3 dari 5 halaman

Peter Withe

Peter Withe menjadi pelatih Timnas Indonesia dengan bekal dua gelar Piala AFF bersama Thailand. Namun, pelatih asal Inggris itu tak mampu mengulangi kesuksesannya bersama Timnas Indonesia.

Peter Withe tercatat hanya mampu membantu Timnas Indonesia menjadi runner-up pada edisi 2004. Adapun pada edisi 2007, Tinnas Garuda ketika itu gagal lolos ke fase gugur.

Secara keseluruhan, Peter Withe mempersembahkan lima kemenangan untuk Timnas Indonesia pada Piala AFF. Adapun sisanya meraih tiga kali hasil imbang dan tiga kali kalah.

4 dari 5 halaman

Shin Tae-yong

Pencapaian Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia pada Piala AFF cukup mengesankan. Pada edisi perdana, Shin Tae-yong berhasil membantu Timnas Indonesia menjadi runner-up Piala AFF 2020.

Adapun pada edisi terakhir, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong melaju sampai semifinal. Pencapaian yang cukup bagus dalam usia karier tiga tahun bersama Timnas Indonesia.

Secara keseluruhan, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong meraih tujuh kemenangan pada Piala AFF. Adapun sisanya lima kali bermain imbang dan kalah dua kali.

5 dari 5 halaman

Alfred Riedl

Alfred Riedl masih menjadi pelatih Timnas Indonesia paling sukses pada Piala AFF. Meskipun gagal memberikan gelar, pada kenyataannya Timnas Indonesia bersama Alfred Riedl tercatat dua kali bermain di final.

Timnas Indonesia bersama Alfred Riedl finis sebagai runner-up pada edisi 2010 dan 2016. Namun, pada 2014 Timnas Indonesia ketika itu tak mampu lolos dari babak penyisihan grup.

Secara keseluruhan, Timnas Indonesia bersama Alfred Riedl pada Piala AFF meraih 11 kemenangan. Adapun sisanya dua kali imbang dan empat kali kalah.

Video Populer

Foto Populer