Sukses


Setelah Juara Piala AFF Secara Beruntun, Madam Pang Bermimpi Bawa Thailand ke Piala Dunia

Bola.com, Bangkok - Manajer Timnas Thailand, Nualphan Lamsam, memiliki mimpi yang lebih besar bersama timnya. Setelah sukses menjuarai Piala AFF secara beruntun, wanita yang akrab disapa Madam Pang itu ingin melihat Thailand berlaga di Piala Dunia.

Keberhasilan Timnas Thailand menjuarai Piala AFF 2022 tak bisa dipisahkan dari peran Madam Pang. Sudah dalam dua edisi terakhir ini wanita pengusaha tersebut mendampingi skuad Alexandre Polking pada turnamen elite Asia Tenggara itu.

Kehadiran Madam Pang menjadi motivasi tambahan buat para pemain. Apalagi Madam Pang punya kedekatan dengan pemain dan sering memberikan bonus dalam jumlah besar.

Setelah sukses di Piala AFF, Timnas Thailand kini mulai menatap Piala Dunia. Theerathon Bunmathan dkk. diharapkan bisa tampil pada edisi selanjutnya yang digelar di Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko itu.

2 dari 5 halaman

Tujuan Tertinggi

Madam Pang tak menampik Piala Dunia menjadi tujuan tertinggi Timnas Thailand pada masa depan. Madam Pang berharap, dalam waktu dekat skuad berjulukan Gajah Perang itu bisa tampil di pentas tertinggi sepak bola tersebut.

"Tujuan tertinggi dari setiap negara di Asia Tenggara adalah bermain di Piala Dunia. Tentu saja, kita semua juga memimpikan itu," kata Madam Pang seperti dikutip Siam Sport.

Pada edisi terakhir, Thailand tak mampu berbicara banyak dalam ajang kualifikasi. Tim Gajar Perang menempati peringkat keenam pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

3 dari 5 halaman

Punya Pengalaman

Mimpi Madam Pang membantu Thailand ke Piala Dunia tentu tak berlebihan. Dia sudah pernah mendampingi skuad wanita Thailand pada Piala Dunia 2015 dan 2019.

"Setelah menjadi manajer timnas wanita Thailand dan membawa sepak bola wanita ke Piala Dunia dua kali, kini ingin mengambil bagian dalam mewujudkan impian sepak bola pria," ucap Madam Pang.

"Untuk mencapai impian mereka juga. Selanjutnya, tentu harus berkonsultasi dengan federasi," tegas Madam Pang.

4 dari 5 halaman

Bonus Besar

Thailand kabarnya mengumpulkan jumlah hadiah yang fantastis setelah menjuarai Piala AFF 2022. Theerathon Bunmathan dkk. mendapatkan hadiah uang sebesar 35 juta baht (Rp16 miliar).

Jumlah hadiah yang diterima Thailand setelah menjuarai Piala AFF 2022 berasal dari sang manajer, Nualphan Lamsam, AFF, hingga Presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) Somyot Poompanmoung. Hadiah dari Nualphan Lamsam menjadi yang paling banyak.

Madam Pang itu disebut menggelontorkan dana sebesar 20 juta baht. Rinciannya adalah masing-masing 5 juta baht saat lolos babak penyisihan grup dan semifinal, dan 10 juta baht bonus dari final Piala AFF.

5 dari 5 halaman

Rapor Thailand pada Piala AFF 2022

  • 20/12/2022 - Brunei Darussalam 0-5 Thailand
  • 26/12/2022 - Thailand 4-0 Filipina
  • 29/12/2022 - Timnas Indonesia 1-1 Thailand
  • 2/1/2023 - Thailand 3-1 Kamboja
  • 7/1/2023 - Malaysia 1-0 Thailand
  • 10/1/2023 - Thailand 3-0 Malaysia
  • 13/1/2023 - Vietnam 2-2 Thailand
  • 16/1/2023 - Thailand 1-0 Vietnam

Video Populer

Foto Populer