Sukses


5 Pemain Timnas Indonesia yang Pernah Mencicipi Liga Belgia: Siapa yang Paling Sukses?

Bola.com, Jakarta - Sejak dulu para pemain Timnas Indonesia sering mendapatkan kesempatan bermain di luar negeri. Belgia menjadi satu di antara negara tujuan karier dari pemain-pemain Indonesia.

Entah dari mana hubungan klub Belgia dengan pemain Indonesia bermula. Namun, banyak pemain yang berhasil bergabung dengan klub Belgia dan mengembangkan karier di negara yang memiliki ibu kota Brussels tersebut.

Kini, ada nama Marselino Ferdinan yang kabarnya bakal bergabung dengan klub Belgia. Pemain Persebaya Surabaya itu digadang-gadang bergabung dengan klub Divisi 2 Belgia, K Beerschot VA.

Lantas, siapa saja pemain Timnas Indonesia yang pernah merasakan kerasnya Liga Belgia? Berikut ini lima di antaranya pilihan Bola.com.

2 dari 6 halaman

Syamsir Alam

Syamsir Alam pernah berkarier di Belgia bersama Vise. Ketika itu, Syamsir Alam datang ke Belgia setelah lulus dari akademi Penarol di Uruguay.

Syamsir Alam tercatat menjadi bagian Vise pada 2011-2013. Pemain berusia 30 tahun itu hanya mengumpulkan 10 penampilan untuk Vise.

Setelah itu, Syamsir Alam sempat dipinjamkan ke DC United. Namun, kariernya meredup dan memutuskan kembali ke Tanah Air.

3 dari 6 halaman

Yandi Sofyan

Yandi Sofyan pernah bermain di Belgioa pada 2011-2013. Ketika itu, Yandi bergabung dengan Vise.

Klub Belgia itu menjadi klub profesional pertama Yandi Sofyan setelah lulus dari akademi Arema. Yandi Sofyan bermain untuk Vise sampai 2013.

Yandi Sofyan tercatat mengumpulkan 21 penampilan bersama Vise. Namun, sang pemain gagal menyumbang gol selama berkarier di luar negeri.

4 dari 6 halaman

Alfin Tuasalamony

Alfin Tuasalamony pernah mencicipi kompetisi Liga Belgia pada 2011. Ketika itu, Alfin membela Vise setelah lulus dari akademi Deportivo Indonesia.

Vise merupakan klub profesional pertama dari Alfin Tuasalamony. Sang pemain tercatat membela Vise rentang 2011-2012.

Alfin Tuasalamony mendapatkan banyak pengalaman bersama Vise. Tercatat, Alfin membukukan 49 penampilan dan sukses mencetak satu gol.

5 dari 6 halaman

Jordi Amat

Jordi Amat pernah bermain di Belgia sebelum memperkuat Johor Darul Takzim. Pemain naturalisasi itu pernah membela K.A.S. Eupen di Liga Profesional Belgia.

Bisa dikatakan karier Jordi Amat bersama Eupen menjadi yang paling sukses. Jordi Amat tercatat mengumpulkan 80 penampilan.

Jumlah itu dikumpulkan sejak masih berstatus sebagai pemain pinjaman dari Rayo Vallecano pada 2019. Hingga akhirnya Jordi Amat dipermanenkan dan membela Eupen sampai 2022.

6 dari 6 halaman

Sandy Walsh

Sandy Walsh memang belum bisa dikatakan sebagai pemain Timnas Indonesia. Pasalnya, pemain berusia 27 tahun itu belum memiliki caps untuk skuat Garuda.

Namun, Sandy Walsh saat ini menjadi satu-satunya pemain berpaspor Indonesia yang merumput di Liga Belgia. Sandy Walsh membela KV Mechelen dan berlaga di Liga Profesional Belgia.

Sandy Walsh sudah mengemas 79 penampilan untuk KV Mechelen. Sebelumnya, pemain kelahiran Brussel itu juga sudah pernah bermain untuk Genk dan Zulte Waregem.

Video Populer

Foto Populer