Sukses


PSIS Kirim Satu Pemain, Mahesa Jenar Lanjutkan Tradisi Menyumbang Amunisi untuk Timnas Indonesia U-20

Bola.com, Yogyakarta - PSIS Semarang mengirimkan satu pemainnya ke Timnas Indonesia U-20. Sosok yang akan mengikuti pemusatan latihan (TC) persiapan Piala Asia U-20 2023 itu ialah Brandon Scheunemann.

Dengan munculnya nama Brandon Scheunemann, PSIS Semarang melanjutkan tradisinya mengirimkan pemain-pemain muda ke Timnas Indonesia U-20.

Sebelumnya, Mahesa Jenar memang terhitung rutin punya perwakilan pemain di skuad tim nasional, terutama di kelompok usia.

PSIS sempat absen mengirimkan pemainnya ke Timnas U-20, terutama pada ajang Piala AFF U-19 2022, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, dan pemusatan latihan jangka panjang di Eropa tahun lalu.

Kini, Brandon Scheunemann akan menjadi pemain muda yang diharapkan bisa mengikuti jejak para pendahulunya yang sempat memberikan kontribusi untuk tim nasional usia muda.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Dari Mahesa Jenar untuk Skuad Garuda

Apabila melihat rekam jejaknya, PSIS Semarang memang sempat rutin mengirimkan pemain mudanya untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20, terutama di era Shin Tae-yong.

Brandon Scheunemann memang menjadi nama terbaru yang berasal dari Mahesa Jenar. Bek berusia 17 tahun ini memang sempat mencuri perhatian setelah mencatat debut di BRI Liga 1 2022/2023.

Anak kandung dari Timo Scheunemann ini diharapkan bisa menjadi andalan baru Shin Tae-yong di lini pertahanan. Sebab, di usianya yang baru sangat muda, ia punya postur yang menjulang hingga 186 cm.

 

3 dari 4 halaman

Terakhir Akhir 2020

Terakhir kali Mahesa Jenar mengirimkan pemain muda ke tim nasional usia muda terjadi pada medio akhir 2020.

Ketika itu, Timnas U-19 tengah menggelar TC jangka panjang di Kroasia untuk bersiap menghadapi Piala Dunia U-20 2021.

Setidaknya, ada tiga nama pemain asal Mahesa Jenar yang dipanggil Shin Tae-yong. Mereka adalah Yofandani Damai, Pratama Arhan, dan Mohammad Bahril Fahreza.

Sebetulnya ada satu pemain lagi yang sempat memperkuat Timnas U-19 di era ini. Sosok tersebut yakni Alfeandra Dewangga. Namun, bek tengah ini harus tercoret karena mengalami cedera.

 

4 dari 4 halaman

Arhan dan Dewangga

Khusus untuk Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga, dua pemain muda ini memang sudah sering menjadi andalan Shin Tae-yong di sejumlah ajang.

Salah satunya yakni ketika Timnas Indonesia U-23 menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2023. Selain dua nama itu, Mahesa Jenar juga mengirimkan Eka Febri Yogi.

Selanjutnya, Arhan dan Dewangga juga sempat mengikuti Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Dewangga juga sempat mendapat kesempatan tampil di SEA Games 2021.

Ketika itu, Arhan yang statusnya sudah dilepas PSIS Semarang tak mendapatkan izin dari klubnya, Tokyo Verdy, untuk memenuhi panggilan skuad Garuda Muda.

Video Populer

Foto Populer