Sukses


5 Pemain yang Bakal Jadi Kunci Kesuksesan Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 dipastikan tampil dengan kekuatan pemain lokal saat menghadapi ajang Piala Asia U-20 2023.

Setidaknya, ada beberapa nama pemain yang diprediksi menjadi kunci kesuksesan skuad asuhan Shin Tae-yong.

Dari total 30 nama pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-20, sebagian besar memang berstatus sebagai wajah-wajah lama.

Hanya ada beberapa pemain anyar yang dipanggil untuk dijajal kemampuannya pada pemusatan latihan kali ini. Tanpa pemain naturalisasi, skuad Garuda Nusantara tetap diyakini bisa memberikan perlawanan.

Apalagi, ada beberapa pemain penting yang sudah mulai mendapatkan jam terbang lebih banyak bersama klubnya masing-masing di kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Para pemain ini diprediksi akan menjadi kunci penting yang turut menentukan sejauh mana tim asuhan Shin Tae-yong akan melaju di Piala Asia U-20 2023. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

 

 

2 dari 6 halaman

Cahya Supriadi

Cahya Supriadi diprediksi akan menjadi salah satu kunci penting di area pertahanan Timnas Indonesia U-20. Pasalnya, dia adalah kiper utama di skuad asuhan Shin Tae-yong.

Mulai dari ajang Piala AFF U-19 2022, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, hingga pemusatan latihan di Eropa tahun lalu, Cahya jadi penjaga gawang yang paling sering diturunkan.

Bukan tidak mungkin, dia akan menjadi sosok pemain yang jadi kunci kesuksesan Timnas Indonesia U-20 mengingat peran krusialnya sebagai benteng terakhir di pertahanan.

Jika dibandingkan dengan kiper-kiper lain, Timnas Indonesia U-20 tampaknya masih akan mempercayakan posisi ini kepada Cahya Supriadi pada Piala Asia U-20 2023.

 

3 dari 6 halaman

Muhammad Ferarri

Selanjutnya, ada nama Muhammad Ferarri yang juga bakal memainkan peran kunci di sektor pertahanan Timnas Indonesia U-20. Bek tengah berusia 19 tahun ini sudah semakin matang bersama Persija Jakarta.

Sebab, ia adalah salah satu pemain muda yang paling sering diturunkan oleh Thomas Doll di BRI Liga 1. Sejauh ini, Ferarri telah memainkan total 14 laga dan menyumbang dua assist.

Tak hanya itu, ia juga digadang-gadang menjadi calon kapten Timnas U-20. Apalagi, Shin Tae-yong juga sempat memanggil pemain jebolan Persija U-18 ini ke TC persiapan Piala AFF 2022 lalu.

Bahkan, Ferarri juga sempat mencatatkan debut bersama Timnas Indonesia, tepatnya pada laga FIFA Matchday melawan Curacao.

 

4 dari 6 halaman

Robi Darwis

Salah satu pemain dengan atribut spesial di skuad Timnas Indonesia U-20 ialah Robi Darwis. Pemain Persib Bandung ini bisa bermain di sejumlah posisi.

Posisi naturalnya memang gelandang bertahan, tetapi ia juga piawai ketika mendapatkan tugas khusus dari Shin Tae-yong untuk mengisi skema tiga bek sejajar.

Pemain asal Cianjur ini juga mulai mendapatkan kesempatan yang lebih banyak di BRI Liga 1. Sejauh ini, pemain jebolan akademi Persib ini sudah mencatat sembilan penampilan.

Satu hal yang patut dinantikan dari Robi Darwis ialah kemampuan lemparan jarak jauhnya yang bisa menjadi senjata andalan mematikan. Dalam beberapa momen, aksinya sukses menciptakan peluang dan membuahkan gol.

 

5 dari 6 halaman

Marselino Ferdinan

Dari total 30 nama pemain yang dipanggil Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan barangkali menjadi satu-satunya nama yang sudah tak perlu diragukan lagi talenta serta kualitasnya.

Pasalnya, ia adalah pemain yang paling sering dipanggil Shin Tae-yong untuk semua kelompok usia. Gelandang muda Persebaya Surabaya ini bahkan mendapatkan tempat spesial di ajang Piala AFF 2022.

Jika dibandingkan nama-nama lainnya, Marselino adalah pemain dengan jam terbang yang paling tinggi. Sebab, sejauh ini dia sudah tampil sebanyak 12 kali bersama Timnas Indonesia (senior).

Tak hanya itu, ia juga telah mencatatkan dua gol untuk skuad Garuda. Pada Piala Asia U-20 2023 nanti, ban kapten Timnas Indonesia U-20 tampaknya akan melingkar di lengan pemain yang akan memulai kariernya di Belgia ini.

 

6 dari 6 halaman

Hokky Caraka

Untuk sektor penyerangan, tampaknya nama Hokky Caraka masih akan menjadi pilihan terbaik untuk menjadi ujung tombak Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023.

Pada fase kualifikasi yang berlangsung di Surabaya, Hokky bahkan menjadi salah satu pemain yang menyumbangkan gol terbanyak untuk Timnas Indonesia U-20.

Tercatat, ia mencetak tiga gol. Semuanya lahir ketika pemain asal Gunung Kidul ini membukukan hattrick ke gawang Timor Leste.

Striker berusia 18 tahun ini perlahan-lahan juga telah mendapatkan menit bermain yang lebih banyak bersama PSS Sleman. Sejauh ini, ia sudah tampil sebanyak 10 kali di BRI Liga 1 musim ini.

Video Populer

Foto Populer