Sukses


4 Faktor yang Membuat Persib Jadi Kandidat Kuat Juara BRI Liga 1 2022 / 2023: Luis Milla Top!

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung jadi tim yang konsisten sejak ditangani pelatih asal Spanyol, Luis Milla. Kini sudah 13 pertandingan BRI Liga 1 2022/2023 dijalani tanpa kekalahan.

Hasilnya, Persib ada di puncak klasemen sementara BRI Liga 1 dengan 42 poin. Mereka bersaing ketat dengan Persija Jakarta dan PSM Makassar yang ada di posisi kedua dan ketiga.

Padahal dua tim pesaingnya tersebut sudah memainkan satu laga lebih banyak. Artinya, Persib bisa menjauh dari kejaran dua tim tersebut dalam perebutan gelar juara.

Jadi, bisa dibilang Persib jadi kandidat paling kuat saat ini. Dalam 13 pertandingan, 11 laga berakhir dengan kemenangan. Sedangkan dua pertandingan lain berakhir imbang. T

im sekelas Borneo FC, Persija Jakarta, Arema FC dan Persebaya Surabaya sudah ditaklukkan bersama tim lainnya. Padahal di awal musim, saat masih dilatih Robert Rene Alberts, Persib sempat tercecer di papan tengah.

Namun, Milla bisa memberikan efek instan untuk tim ini. Apalagi dari segi materi pemain, Persib dihuni banyak pemain bintang. Seperti David da Silva, Ciro Alves, Victor Igbonefo, Beckham Putra, dan beberapa nama lainnya.

Kali ini, bola.com melihat ada 4 faktor utama yang membuat Persib layak jadi juara musim ini. Berikut faktornya

 

2 dari 6 halaman

Punya Pelatih Berkualitas

Luis Milla membuktikan kemampuannya. Dia bukan sekedar pelatih dengan nama besar di Spanyol yang pernah menangani Timnas Indonesia. Milla memberi bukti instan. Padahal dia datang saat Persib tidak baik-baik saja.

Tim Maung Bandung hanya meraih 2 kemenangan dalam 7 laga awal. Tapi, Milla membuat tim ini bangkit. Mantan pemain Real Madrid dan Barcelona itu dengan cepat mengetahui apa yang perlu dibenahi dari timnya.

Salah satunya chemistry antar pemain. Milla membuat pemain Persib lebih kompak. David da Silva yang sebelumnya sering terlambat membagi bola kali ini tampil lebih efektif.

Milla juga berhasil memaksimalkan komposisi mengerikan di lini tengah. Seperti Marc Klok, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya hingga Beckham Putra.

Mila berhasil membuat para pemain itu lebih kompak. Terlihat di beberapa postingan vidio di Instagram Persib, suasana tim Persib tampak enjoy di luar lapangan.

Milla juga bisa membaur dengan anak buahnya. Kekompakan di luar lapangan ini seperti terbawa saat pertandingan.

 

 

3 dari 6 halaman

Punya Duet Tajam di Lini Depan

Saat ini Persib jadi tim paling produktif keempat di BRI Liga 1 dengan 35 gol. Meski bukan yang pertama, tapi tim ini punya duet penyerang paling tajam: David da Silva dan Ciro Alves.

Total dua pemain ini menyumbangkan 23 gol. Sangat produktif. David sendiri kini jadi pemuncak top skorer sementara dengan 16 gol.

Penyerang gempal ini seperti menemukan ketajamannya. Padahal di awal musim, terkesan David dan Ciro belum padu.

Meskipun dua pemain ini sama-sama berasal dari Brasil. Tapi karakter bermainnya bisa dibilang agak mirip. Kadang terlalu lama membawa bola sehingga kurang efektif dan punya ego tinggi.

Tapi sekarang, mereka sama-sama sedang on fire. Karena Ciro juga sudah mengoleksi 7 gol. Ketika satu diantara pemain ini absen, Persib masih punya striker berkelas lainnya. Ezra Walian.

Pemain kelahiran Belanda itu memang baru mencetak 1 gol. Namun secara kualitas, jika dalam performa terbaik, tak ada yang meragukannya.

 

 

4 dari 6 halaman

Komposisi Pemain Merata

Persib selalu punya skuat bagus. Musim ini, kedalaman skuatnya juga luar biasa. Sektor penjaga gawang dihuni Teja Paku Alam, I Made Wirawan, Fitrul Dwi Rustapa. Nama-nama yang sebelumnya sering jadi pilihan utama.

Hanya saja jumlah kebobolan Persib saat ini tergolong tinggi yaitu 27 gol. Sedangkan di belakang misalnya, ada nama-nama seperti Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Achmaf Jufriyanto, Daisuke Sato dan lainnya. Pelapisnya, Kakang Rudianto, David Rumakiek, Rezaldi Hehanusa.

Lini tengah lebih luar biasa. Mark Klok, Ricky Kambuaya, Bekcham Putra, Rachmat Irianto tak perlu diragukan kemampuannya.

Sedangkan penggantinya, Dedi Kusnandar, Abdul Aziz, Erwi Ramdani, Roby Darwis bukan pemain sembarangan. Apalagi di sayap dan penyerang.

David da Silva, Ciro Alves, Frets Butuan, Febri Hariyadi, Ezra Walian nama-nama yang jadi ancaman lawan. Jadi, saat ada pemain yang absen karena cedera atau ke timnas, Milla tidak bingung mencari pengganti.

Kedalaman juga sangat penting ketika menghadapi jadwal padat seperti ini. Rotasi pemain tak akan mempengaruhi permainan Persib karena ditunjang kedalaman skuat yang bagus.

 

 

5 dari 6 halaman

Situasi Internal Bagus

Tak terkalahkan dalam 13 pertandingan tentu memberikan efek positif dalam tim. Itu tergambar dari setiap postingan media sosial Persib.

Setelah pertandingan, suasana ruang ganti mereka selalu riuh dengan selebrasi kemenangan. Terbaru, tim Persib memberi dukungan penuh kepada Rezaldi Hehanusa yang baru direkrut di transfer window.

Padahal pemain berposisi bek kiri ini berasal dari tim rival, Persija Jakarta. Biasanya, pemain Persija sering dapat penolakan dari suporter atau perlakuan yang kurang bagus.

Namun pemain Persib memberikan dukungan penuh kepada Rezaldi untuk beradaptasi dengan tim.

Ini jadi cerminan bagaimana situasi yang bagus didalam tim Persib. Biasanya, ini jadi salah satu tanda tim yang akan meraih gelar juara.

6 dari 6 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer