Sukses


Proses Perpindahan Federasi Lancar, Shayne Pattynama Menatap FIFA Matchday Maret 2023

Bola.com, Jakarta - Shayne Pattynama sudah menjalani sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 24 Januari 2023. Pemain keturunan Belanda itu telah menyelesaikan proses perpindahan kewarganegaraan Belanda menuju WNI.

Namun, masih ada satu proses lagi yang harus dijalani Shayne Pattynama. Perpindahan federasi dari KNVB menuju PSSI.

Itu menjadi syarat terakhir agar ia bisa memenuhi syarat memperkuat Timnas Indonesia di pertandingan internasional.

Utusan PSSI untuk urusan naturalisasi pemain keturunan, Hamdan Hamedan menyebut proses perpindahan federasi Shayne Pattynama berjalan lancar. Ia bahkan percaya diri Pattynama bisa segera debut di Timnas Indonesia.

"InsyaAllah, harapannya tidak ada kendala bagi Shayne untuk debut pada Maret ini jika dipanggil oleh Coach Shin Tae-yong untuk membela timnas di FIFA Matchday," ujar Hamdan kepada Bola.com.

2 dari 3 halaman

Hadapi Bolivia atau Tajikistan

FIFA Matchday periode Maret 2023 akan dimulai pada tanggal 20 dan berakhir pada tanggal 28. Pada periode itu, anggota FIFA berhak menurunkan tim nasionalnya berlaga maksimal dalam dua pertandingan internasional.

Timnas Indonesia sudah menyiapkan lawan untuk FIFA Matchday tersebut. Ada dua yang sudah muncul ke permukaan, yakni Timnas Bolivia dan Tajikistan.

Bisa jadi Timnas Indonesia hanya menghadapi satu dari dua negara itu. Opsi menghadapi keduanya pada Maret 2023 juga tetap terbuka.

Satu yang pasti, laga melawan Bolivia atau Tajikistan bisa menjadi laga debut bagi Shayne Pattynama di Timnas Indonesia.

3 dari 3 halaman

Pramusim

Shayne Pattynama saat ini tengah menjalani pramusim bersama klub Norwegia, Viking SK. Liga kasta tertinggi Norwegia atau Eliteserien baru akan dimulai pada 10 April 2023.

Pada laga pembuka liga itu, Viking sudah harus menghadapi tim yang kuat, yakni Rosenborg. Klub itu selama ini menjadi klub dengan sejarah bagus di Norwegia.

Pada musim 2022, penampilan Viking FK tidak terlalu baik. Mereka hanya bisa mengakhiri musim di posisi ke-11 dalam klasemen.

Video Populer

Foto Populer