Sukses


Sepinya SUGBK Saat Timnas Indonesia U-20 Hadapi Timnas Guatemala: Suporter Setia Absen

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 mengikuti mini turnamen di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Turnamen itu digelar sejak 17 Februari 2023.

Namun, pertandingan-pertandingan pada turnamen itu tampaknya kurang menarik minat pecinta sepak bola Tanah Air. Rekor penonton terbanyak terjadi pada laga kedua.

Yakni pada laga Timnas Indonesia U-20 melawan Timnas Selandia Baru U-20. Pada laga yang digelar Minggu (19/2/2023) itu, ada 3467 penonton yang hadir di SUGBK.

Namun, jumlah mereka tentu sangat sedikit. Meningat kapasitas stadion yang dibangun untuk Asian Games 1962 itu memiliki kapasitas 77 ribu kursi. 

Jumlah penonton yang hadir di SUGBK semakin menurun. Pada laga antara Timnas Indonesia U-20 Vs Timnas Guatemala U-20, penonton yang hadir di SUGBK kurang dari 2000. 

2 dari 3 halaman

Kelompok Suporter Absen

Bahkan, pada laga antara Timnas Indonesia U-20 melawan Timnas Guatemala U-20, Selasa (21/2/2023) malam, dua kelompok suporter setia Timnas Indonesia urung hadir. Dua kelompok suporter yang dimaksud adalah La Grande Indonesia dan Ultras Garuda.

Padahal, kedua kelompok itu biasanya mengikuti kemanapun Timnas Indonesia bermain. Baik itu Timnas Indonesia level senior maupun kelompok umur.

Mereka sempat hadir saat Timnas Indonesia U-20 bertanding melawan Timnas Selandia Baru U-20, Minggu (19/2/2023). Meski jumlahnya juga sangat terbatas.

Absennya dua kelompok suporter itu membuat atmosfer pertandingan jadi hambar. Tidak ada tabuhan drum atau nyanyian dukungan yang terdengar pada laga antara Garuda Nusantara melawan Guatemala U-20. 

3 dari 3 halaman

Persiapan Kurang Maksimal

Turnamen ini diselenggarakan sebagai persiapan bagi Timnas Indonesia U-20. Mereka akan berangkat ke Uzbekistan untuk mengikuti Piala Asia U-20 2023 pada Maret mendatang.

Namum, turnamen ini mengalami persiapan yang kurang baik. Venue pertandingan bahkan dipindah dari Stadion Patriot Candabhaga menuju SUGBK sehari sebelum kick-off.

Kehadiran penonton pun tak bisa dimaksimalkan. Sebab, pada sisi tribune sisi barat SUGBK sudah terbangun panggung besar yang akan digunakan sebagai konser Raisa pada 25 Februari 2023. 

Video Populer

Foto Populer