Sukses


3 Pemain yang Akan Menggantikan Peran Marselino Ferdinan di Timnas Indonesia U-20 pada PIala Asia U-20 2023

Bola.com, Jakarta - Marselino Ferdinan dipastikan absen membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong. 

Shin Tae-yong menyebut Marselino Ferdinan tak dilepas oleh klubnya, KMSK Deinze. Ia baru akan dilepas pada 9 April 2023 atau ketika kompetisi di Belgia sudah selesai.

"Marselino Ferdinan tidak akan ikut ke Piala Asia U-20 2023," ungkap Shin Tae-yong.

"Dia baru akan bergabung pada 9 April ketika liga di Belgia selesai, dia akan bergabung dengan Timnas Indonesia U-20 sampai selesai Piala Dunia U-20," sambungnya.

Shin Tae-yong pun tampak sudah paham dengan kondisi ini. Ia sudah mencoba skema permainan Timnas Indonesia U-20 tanpa mengandalkan Marselino Ferdinan. Paling tidak ada tiga nama yang punya potensi menggantikan Marselino pada Piala Asia U-20 2023. 

2 dari 4 halaman

Arkhan Fikri

Arkhan Fikri adalah nama terdepan untuk menggantikan posisi Marselino Ferdinan. Pemain milik Arema FC ini selalu dimainkan pada tiga laga uji coba yang belum lama ini dilakoni Timnas Indonesia U-20

Arkhan Fikri bermain cukup baik dalam tiga laga itu. Peran sebagai kreator serangan di lini tengah Timnas Indonesia U-20 berhasil ia lakukan dengan baik. 

Caranya mengalirkan bola pun cukup luwes. Namun, Arkhan Fikri masih harus memperbaiki penyelesaian akhir. Sesuatu yang menjadi andalan bagi Marselino Ferdinan. 

3 dari 4 halaman

Dzaki Asraf

Marselino Ferdinan tak hanya bisa bermain sebagai gelandang serang saja. Pemain berusia 18 tahun itu juga bisa dimainkan di posisi winger.

Untuk posisi satu ini, Timnas Indonesia U-20 sebenarnya memiliki cukup banyak stok pemain. Namun, sosok Dzaki Asraf layak dikedepankan.

Pemain berusia 18 tahun ini memiliki menit bermain yang cukup banyak di level klub. Pada BRI Liga 1 2022/2023, Dzaki sudah mencatatkan 17 penampilan bersama PSM Makassar.

Dzaki pun tampak akan menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di posisi winger kiri pada Piala Asia U-20 2023. Apalagi setelah melihat Hugo Samir yang masih kesulitan untuk beradaptasi dengan skema pelatih asal Korea Selatan itu.

4 dari 4 halaman

Zanadin Fariz

Satu pemain lain yang bisa diplot untuk menggantikan Marselino Ferdinan adalah Zanadin Fariz. Karakter bermain keduanya cukup mirip. Keduanya sama-sama diberkahi dengan skill yang bagus.

Namun, Zanadin memiliki insting bertahan yang lebih baik ketimbang Marselino. Ia bisa menjadi pemotong serangan lawan dari lini tengah.

Dalam formasi 5-4-1 yang kerap diterapkan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20, Zanadin akan bermain bersama Arkhan Fikri di lini tengah. Keduanya diharapkan menciptakan kombinasi yang bagus. 

Video Populer

Foto Populer