Sukses


4 Pemain Berpengalaman di Skuad Terkini Timnas Indonesia U-22: Bisa Tembus Tim Utama?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 sedang menjalani fase pertama pemusatan latihan untuk mempersiapkan diri menuju SEA Games 2023. Ada 34 pemain yang dipanggil dalam pemusatan latihan yang digelar di Jakarta itu.

Banyak nama baru yang mendapatkan kesempatan mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22. Bahkan, 17 dari 34 nama yang dipanggil Indra Sjafri berasal dari Liga 2.

Menurut klaim dari Indra Sjafri, lebih dari 60 persen pemain yang saat ini mengikuti Timnas Indonesia U-22 adalah para debutan. Mereka mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan potensi.

Namun, tetap ada pemain-pemain yang memiliki banyak pengalaman membela Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur.

Sebut saja seperti David Maulana, Braif Fatari, Rendy Juliansyah, dan Sutan Zico. Bola.com memiliki ulasan mengenai empat pemain tersebut.

2 dari 5 halaman

David Maulana

David Maulana sempat menarik perhatian di awal kemunculannya. David adalah andalan Timnas Indonesia U-16 yang menjadi juara Piala AFF U-16 2018 dan lolos dari babak grup Piala Asia U-16 di tahun yang sama.

Talenta David Maulana sempat menarik perhatian klub luar negeri. Ia sempat mencoba peruntungan bermain di Kroasia bersama NK Pomorac dan Rijeka. 

Namun, belakangan David Maulana pulang kampung. Ia membangun kembali kariernya di BRI Liga 1 2022/2023 bersama Bhayangkara FC. 

Kesempatan pun kembali datang untuk David Maulana. Pemain asal Sumatra Utara itu bisa kembali menunjukkan kualitasnya di pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22.

3 dari 5 halaman

Rendy Juliansyah

Rendy Juliansyah mengawali kariernya sebagai striker. Namun, belakangan pemain yang kini berusia 20 tahun itu tampil cukup nyaman sebagai gelandang serang.

Rendy Juliansyah memperkuat Persik Kediri di BRI Liga 1 2022/2023. Rendy pun tampil cukup apik dengan mencetak satu gol dan tiga assist.

Pemain lulusan akademi ASIOP ini cukup akrab dengan Timnas Indonesia kelompok umur. Bersama David Maulana, Rendy menjadi pemain penting dalam keberhasilan Timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF U-16 2018.

4 dari 5 halaman

Braif Fatari

Braif Fatari sempat moncer beberapa tahun lalu. Ia menarik perhatian saat memperkuat Timnas Indonesia U-19. Penampilan apiknya pun turut serta membantu Persija Jakarta menjadi juara Piala Menpora 2021.

Shin Tae-yong pun sempat tertarik dengan Braif Fatrari. Shin memberikan debut kepada Braif di Timnas Indonesia senior pada Mei 2021 saat melawan Oman dalam sebuah laga uji coba.

Namun, Braif Fatari sempat diganggu cedera. Pemain yang kini berusia 20 tahun ini mulai membangun kembali kariernya bersama Persik Kediri di BRI Liga 1 2022/2023. 

5 dari 5 halaman

Sutan Zico

Sutan Zico tampil apik bersama Timnas Indonesia U-16. Puncak penampilan Zico bersama Garuda Asia terjadi pada Piala Asia U-16 2018.

Dalam turnamen yang berlangsung di Malaysia itu, Sutan Zico mencetak dua gol. Timnas Indonesia U-16 pun mampu lolos ke babak perempat final saat itu.

Namun, setelah itu penampilan Sutan Zico mengalami penurunan. Ia tampak kesulitan untuk beradaptasi di level yang lebih senior. 

Sutan Zico sempat membela Persija Jakarta dan PSG Pati. Belakangan, pemain berusia 20 tahun itu membela Persik Kediri di BRI Liga 1 2022/2023.

Video Populer

Foto Populer