Sukses


5 Kegagalan Shin Tae-yong Meraih Trofi Bersama Timnas Indonesia: Tetap Runner-up Piala AFF dan Perunggu SEA Games

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia sejak akhir 2019. Sejak saat itu, pelatih Korea Selatan yang memimpin tim negaranya di Piala Dunia 2018 itu memegang beberapa tim sekaligus, mulai dari senior, tim U-23, dan U-20.

Pandemi COVID-19 yang menerpa dunia pada awal 2020 membuat Shin Tae-yong mendapatkan waktu lebih banyak setelah sejumlah turnamen batal atau ditunda.

Saat itu, tim asuhan Shin Tae-yong lebih sering melakukan pemusatan latihan, terutama timnas U-19 yang diproyeksikan menjadi Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021, di mana Indonesia memang menjadi tuan rumah.

Pada akhirnya Piala Dunia U-20 2021 dibatalkan dan status tuan rumah yang dimiliki Indonesia digeser untuk Piala Dunia U-20 2023. Mendapatkan lebih banyak waktu, Shin Tae-yong pun bisa mulai mengalihkan fokus untuk tim senior dan U-23.

Piala AFF 2020 pun menjadi turnamen perdana Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Seiring berjalannya waktu, turnamen demi turnamen melibatkan kepemimpinan pelatih asal Korea Selatan itu dalam membimbing Timnas Indonesia.

Namun, hingga awal 2023 ini, belum satu pun trofi juara atau medali emas sukses diraih Tim Garuda. Bagaimana kiprah Timnas Indonesia dalam turnamen resmi di bawah asuhan Shin Tae-yong? Berikut ulasannya:

2 dari 6 halaman

Runner-up AFF 2020

 

Shin Tae-yong membuat bangsa Indonesia kepincut ketika memimpin Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2020 yang digelar pada akhir 2021.

Timnas Indonesia tidak terkalahkan dalam empat laga di Grup B dan lolos sebagai juara grup berkat keunggulan produktivitas gol atas Vietnam yang lolos sebagai runner-up grup.

Timnas Indonesia mengawali kiprahnya dengan menang 4-2 atas Kamboja, kemudian menang 5-1 atas Laos, bermain imbang tanpa gol dengan Vietnam, dan menang 4-1 atas Malaysia.

Timnas Indonesia yang sempat ditahan imbang 1-1 oleh Singapura pada leg pertama semifinal, berhasil lolos ke final berkat kemenangan 4-2 pada leg kedua.

Tim Garuda pun ditantang Thailand di laga puncak, di mana gelar juara yang sudah lama diidam-idamkan tampak bisa menjadi milik Timnas Indonesia.

Namun, sayangnya permainan Timnas Indonesia pada leg pertama final Piala AFF 2020 justru buruk. Tim Garuda kalah telak 0-4 pada leg pertama.

Sementara pada leg kedua, Timnas Indonesia hanya bermain imbang 2-2. Lagi-lagi predikat runner-up kembali menjadi milik Timnas Indonesia.

3 dari 6 halaman

Perunggu SEA Games 2021

 

Shin Tae-yong kemudian menangani Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di SEA Games 2021 Vietnam yang digelar pada Mei 2022. Tim Garuda Muda berada satu grup dengan Vietnam, Filipina, Timor Leste, dan Myanmar.

Awal kiprah Timnas Indonesia U-23 tergolong buruk setelah kalah 0-3 dari Vietnam. Namun, tim asuhan Shin Te-yong itu bangkit dengan meraih kemenangan telak 4-1 atas Timor Leste, 4-0 atas Filipina, dan 3-1 atas Myanmar. Tim Garuda Muda pun mendampingi Vietnam ke semifinal dengan status runner-up Grup A.

Menghadapi Thailand di semifinal, Timnas Indonesia U-23 pun kalah 0-1 lewat gol Weerathep Pomphan pada babak extra time.

Tim Garuda Muda pun berebut medali perunggu dengan Malaysia dan berhasil menang 4-3 lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

4 dari 6 halaman

Jadi Korban Vietnam dan Thailand di Piala AFF U-19 2022

Setelah gagal meraih prestasi juara bersama tim senior dan U-23, kesempatan untuk Shin Tae-yong selanjutnya datang bersama Timnas Indonesia U-19 proyeksi untuk tim U-20 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong berlaga di Piala AFF U-19 2022 yang digelar September 2022. Kebetulan Tim Garuda Nusantara menjadi tuan rumah, di mana laga digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, dan Stadion Madya, Jakarta.

Setelah menahan imbang Vietnam pada laga pertama Grup A, Timnas Indonesia menang telak 7-0 atas Brunei Darussalam. Namun, pada laga ketiga, tim asuhan Shin Tae-yong itu harus kembali ditahan imbang tanpa gol oleh Vietnam.

Setelah itu, Timnas Indonesia U-19 berhasil memenangkan dua laga berikutnya dengan kemenangan identik 5-1 atas Filipina dan Myanmar.

Sayangnya, langkah Indonesia untuk ke semifinal dijegal oleh Vietnam dan Thailand yang bermain imbang 1-1 pada laga terakhirnya.

Skor imbang dua rival Timnas Indonesia itu membuat ketiga tim sama-sama punya 11 poin. Berdasarkan klasemen mini di antara ketiga tim yang sama-sama bermain imbang saat saling berhadapan, Vietnam dan Thailand berhak berada di dua posisi teratas karena sama-sama berhasil mencetak satu gol saat berhadapan.

Sementara Timnas Indonesia tak berhasil mencetak satu gol pun ke gawang Vietnam maupun Thailand sehingga menempati peringkat ketiga.

Setelah itu, muncul kabar bahwa Vietnam dan Thailand seakan bermain mata dalam laga terakhir mereka yang berakhir imbang 1-1. Hasil itulah yang menggagalkan Tim Garuda Nusantara lolos ke semifinal.

5 dari 6 halaman

Hanya Sampai Semifinal di Piala AFF 2022

 

Keberhasilan mencapai final Piala AFF 2020 membuat Timnas Indonesia lebih percaya diri menatap Piala AFF 2022. Masih ditangani oleh Shin Tae-yong membuat bangsa Indonesia pun yakin prestasi lebih baik bisa diraih dalam edisi kali ini.

Namun, Timnas Indonesia hanya berhasil menang 2-1 atas Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada laga pertama Grup A. Kemenangan 7-0 atas Brunei di Malaysia menghidupkan kembali asa Tim Garuda.

Dalam laga selanjutnya, Timnas Indonesia ditahan imbang 1-1 di SUGBK. Beruntung, Tim Garuda berhasil menang 2-1 atas Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila, dan lolos ke semifinal sebagai runner-up grup.

Sialnya, Timnas Indonesia kembali berhadapan dengan Vietnam. Tim Garuda seakan sulit untuk meraih kemenangan atas Vietnam asuhan Park Hang-seo selama ditangani oleh Shin Tae-yong.

Bermain imbang 0-0 pada leg pertama semifinal di SUGBK, Tim Garuda Nusantara kemudian tersingkir karena kalah 0-2 di My Dinh National Stadium, Hanoi.

6 dari 6 halaman

Pulang Cepat dari Piala Asia U-20 2023

 

Setelah berhasil mengantarkan Timnas Indonesia U-20 lolos dari kualifikasi, Shin Tae-yong mendampingi Tim Garuda Nusantara itu bermain di putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan pada Maret 2023.

Berada satu grup dengan tim tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah, Tim Garuda Nusantara kehilangan momentum pada laga perdana. Muhammad Ferarri dkk. takluk 0-2 dari Irak pada pertandingan perdana.

Kemudian Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia U-20 menang 1-0 atas Suriah. Kemenangan itu membuat Tim Garuda Nusantara punya kans untuk lolos ke perempat final asalkan bisa mengalahkan Uzbekistan pada laga terakhir.

Sayangnya, Timnas Indonesia U-20 hanya mampu bermain imbang tanpa gol melawan Uzbekistan.

Meski mengakhiri fase grup dengan jumlah poin 4 yang sama dengan Irak, yang juga bermain imbang melawan Suriah pada laga terakhir, Indonesia kalah selisih gol dari Irak dan harus pulang lebih cepat.

Video Populer

Foto Populer