Sukses


BRI Liga 1: Gawat! 2 Gelandang Asing PSS Cedera Jelang Hadapi Borneo FC

Bola.com, Sleman - PSS Sleman harap-harap cemas menanti kondisi dua pemainnya yang dibekap cedera. Kedua pemain tersebut adalah duo gelandang asing, Jihad Ayoub dan Jonathan Cantillana.

Jihad dan Jonathan mengalami cedera dalam pertandingan beberapa pekan lalu. Kedua pemain pun harus absen ketika PSS Sleman bertemu Madura United pada pekan ke-30 pada 11 Maret 2023.

Dokter tim PSS Sleman, Feras Ardiles Muhammad memaparkan terkait kondisi cedera Jihad dan Jonathan. Feras berujar, Jihad ayoub mengalami cedera hamstring kanan.

"Terjadi robekan otot yang dialami saat laga melawan Bhayangkara FC. Saat melakukan sprint,” kata Feras pada Rabu (15/3/2023) pagi.

Sementara Jonathan Cantillana menderita cedera tendon achilles. Cedera tersebut didapatkan saat pertandingan melawan Persita Tanggerang (2/3/2023).

"Kalau Jonathan saat melawan Persita sebetulnya bisa melewati laga sampai menit akhir. Nah, saat pertandingan kontra Bhayangkara FC, dia hanya mampu bermain sampai babak pertama selesai," ujarnya.

"Itu karena ada peradangan yang makin parah saat tumpuan yang salah di dalam laga tersebut,” lanjut dokter tim PSS Sleman itu.

2 dari 5 halaman

Fokus Recovery

Lebih jauh, Feras Ardiles Muhammad mengabarkan kondisi terkini cedera yang menimpa Jonathan Cantillana dan Jihad Ayoub.

“Jihad Ayoub pada saat ini masih fokus dalam tahap meredakan peradangan ototnya. Setelahnya, tim medis memberikan pendampingan selama tujuh sampai dengan 14 hari agar bisa naik level hingga pengembalian kekuatan ototnya secara khusus,” beber Feras.

“Untuk kondisi Jonathan Cantillana, hingga saat ini recovery sudah mencapai pada kondisi peradangan yang membaik, dan masuk untuk pemulihan kekuatan otot secara khusus,” terang Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta itu.

3 dari 5 halaman

Jihad Absen, Jonathan Tanda Tanya

Pada pekan ke-31 BRI Liga 1 2022/2023, PSS Sleman akan dihadapkan dengan laga yang cukup berat. Klub berjulukan Super Elang Jawa itu dijadwalkan menjamu Borneo FC Samarinda di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (18/3/2023).

Menghadapi lawan penghuni lima besar klasemen sementara BRI Liga 1, tentu menjadi tantangan bagi PSS Sleman. Belum lagi, tren tujuh kekalahan beruntun yang masih membayangi klub kesayangan Slemania dan Brigata Curva Sud (BCS) itu.

Demi memutus rentetan hasil minor, tentu dibutuhkan semangat juang dan kerja sama ekstrakeras dari seluruh pemain. Masalahnya kekuatan PSS justru harus tereduksi lantaran cedera yang dibekap dua pemain pilar mereka.

Lantas, apakah kedua pemain bisa kembali dimainkan saat duel kontra Pesut Etam nanti?

“Melihat kondisi Jihad Ayoub sampai saat ini kemungkinan besar tidak bisa di turunkan dalam pertandingan melawan Borneo Samarinda FC,” ucap Feras.

“Sedangkan kondisi Jonathan sampai saat ini apabila bermain dalam laga kontra Borneo FC Samarinda masih butuh evaluasi lebih lanjut di sisa persiapan tim sebelum laga,” pungkasnya.

 

 
4 dari 5 halaman

Posisi PSS saat Ini

PSS Sleman saat ini makin terperosok di papan bawah klasemen sementara BRI Liga 1. Tim berjulukan Super Elang Jawa berada di peringkat 17 dengan koleksi 28 poin dari 30 pertandingan.

PSS diapit oleh Barito Putera yang ada di peringkat ke-16 dengan 31 poin dan RANS Nusantara FC yang ada di dasar klasemen dengan 18 poin.

Kekalahan 1-2 atas Madura United pada pekan lalu memperpanjang rekor buruk mereka di kompetisi musim ini. Total PSS sudah menelan 18 kekalahan dari 30 laga yang dijalani, sekaligus menjadi tim dengan kekalahan terbanyak musim ini.

Rekor buruk PSS Sleman tak berhenti di situ. Sampai pekan ke-30, Laskar Sembada menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling banyak ketiga di BRI Liga 1 2022/2023.

Tidak hanya rapuh di pertahanan, lini depan PSS Sleman juga mandul. Dari tujuh laga terakhir, tim Elang Jawa hanya bisa mencetak tujuh gol dan kebobolan 18 gol.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer