Sukses


Timnas Indonesia dan Burundi Sama-sama Punya Hubungan dengan Sepak Bola Inggris

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia dipastikan akan berlaga pada FIFA Matchday bulan Maret 2023. Ada dua laga yang harus dijalani tim asuhan Shin Tae-yong.

Pada dua laga itu, Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Burundi. Laga perdana akan digelar pada 25 Maret 2023. Sementara laga kedua akan berlansung tiga hari kemudian.

Dua pertandingan itu akan dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat. Timnas Indonesia berkesempatan naik peringkat pad FIFA Matchday kali ini.

Skuad Garuda saat ini menempati posisi ke-155 dalam sistem peringkat FIFA. Sementara itu Timnas Burundi untuk sementara ini ada di posisi yang lebih tinggi. Mereka menempati posisi ke-141 dalam ranking terbaru FIFA.

Ada satu kesamaan antara Timnas Indonesia dengan Timnas Burundi. Keduanya saat ini memiliki hubungan yang cukup erat dengan sepak bola Inggris.

 

 

2 dari 4 halaman

Berahino dan Baggott

Timnas Indonesia belakangan gencar melakukan program naturalisasi pemain keturunan. Elkan Baggott menjadi satu di antara pemain yang memilih untuk menjadi Warga Negara Indonesia.

Hal serupa juga dilakukan Timnas Burundi. Mereka bisa merayu Saido Berahino untuk menggunakan paspor negara dari Afrika tersebut.

Menariknya, Berahino dan Baggott sama-sama memiliki latar belakang Inggris yang kuat. Keduanya mempunyai garis keturunan Inggris.

Selain itu, Elkan Baggott dan Saido Berahino juga merasakan betul tempaan sepak bola Inggris. Meski sejuah ini Baggott masih belum bisa menyamai level Berahino yang sempat lama berkarier di Premier League.

3 dari 4 halaman

Inggris U-21

Saido Berahino adalah produk akademi pemain muda Wes Brom. Pada awal kemunculannya di tahun 2015 lalu, Berahino sempat dijagokan untuk menjadi striker masa depan Inggris.

Ia pun mampu meniti karier yang cukup baik di Timnas Inggris kelompok umur hingga bisa menembus level U-21. Bahkan, Berahino mampu mencetak 10 gol dan 11 assist bersama Young Lions.

Namun, performanya terus menurun ketika memasuki level senior. Saido Berahino pun gagal menembus Timnas Inggris senior dan memilih Burundi untuk dibela.

Belakangan, Saido Berahino juga sudah tak bermain di Inggris. Ia kini tercatat sebagai pemain klub Siprus, AEL Limassol.

4 dari 4 halaman

Skuad Timnas Indonesia untuk Menghadapi Burundi

Kiper: Nadeo Argawinata (Bali United), Daffa Fasya (Borneo FC Samarinda), Syahrul Trisna (Persikabo 1973).

Bek: Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Elkan Baggott (Cheltenham Town), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Fachruddin Aryanto (Madura United), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta), Hansamu Yama (Persija Jakarta), Dony Tri Pamungkas (Persija Jakarta), Edo Febriansyah (RANS Nusantara FC), Yance Sayuri (PSM Makassar), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Shayne Pattynama (Viking FK).

Gelandang: Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Egy Maulana Vikri (Dewa United), Rachmat Irianto (Persib Bandung), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Marc Klok (Persib Bandung), Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta), Riko Simanjuntak (Persija Jakarta), Dzaky Asraf (PSM Makassar), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Saddil Ramdani (Sabah FC).

Penyerang: Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Ramadhan Sananta (PSM Makassar), Dimas Drajad (Persikabo 1973).

Video Populer

Foto Populer