Sukses


Selangkah Lagi Jadi WNI, Justin Hubner Diyakini Bakal Pilih Indonesia Ketimbang Belanda

Bola.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha, optimistis Justin Hubner masih berkomitmen menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Keyakinan itu diungkapkan untuk menguatkan keinginan Hubner membela Timnas Indonesia U-20.

Justin Hubner sebelumnya dipanggil Timnas Belanda U-21 untuk laga FIFA Matchday. Pemanggilan itu datang saat proses naturalisasi Hubner sedang diurus PSSI serta Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Proses naturalisasi Justin Hubner hampir rampung. Komisi X DPR RI memberikan restu dan rekomendasi kewarganegaraan buat pemain Wolverhampton Wanderers itu.

Selain pemain berusia 19 tahun tersebut, pemain yang mendapat restu untuk dinaturalisasi adalah Rafael Struick dan Ivar Jenner dalam rapat kerja Komisi X dengan Menpora dan PSSI, Senin (20/3/2023).

"Kami berharap secepatnya agar bisa bergabung. Sudah ada komunikasi dengan KNVB, secara consent legal Justin Hubner sudah setuju gabung. Jadi pegangannya dokumen legal," kata Ratu Tisha di Jakarta.

 

2 dari 4 halaman

Tak Masalah

Ratu Tisha menyebut, Justin Hubner tak masalah bila ikut membela Timnas Belanda U-20. Tisha mengacu pada aturan yang ada pada FIFA.

"Kami berbicara berdasarkan pasar. Berdasarkan peraturan FIFA, tidak ada masalah," ucap Ratu Tisha.

"Ada di pasal 9 yang menyebutkan bahwa sebelum berusia 20 tahun itu tidak masalah. Jadi, kami bukan seperti pendapat, harus dibedakan," tegas Ratu Tisha.

 

3 dari 4 halaman

TC di Korea Selatan

Ratu Tisha juga optimistis Justin Hubner memenuhi panggilan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 yang rencananya digelar di Korea Selatan. Tisha berharap proses naturalisasi para pemain sudah rampung sebelum mengikuti TC.

"Ke Korea Selatan dulu. Persiapan yang senior dulu, jadi U-20 off. Proses masih berjalan dan ini bukan perkara jadwal, akan tetapi perkara proses," tegas Ratu Tisha.

"Mereka bertiga sudah setuju dan proses ini dimulai. Selanjutnya, ini kami lihat hasilnya bagaimana," ucap Ratu Tisha.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Peserta Piala Dunia U-20 2023:

  1. Indonesia (tuan rumah)
  2. Republik Dominika
  3. Guatemala
  4. Honduras
  5. Amerika Serikat
  6. Kepulauan Fiji
  7. Selandia Baru
  8. Inggris
  9. Prancis
  10. Israel
  11. Italia
  12. Slovakia
  13. Brasil
  14. Uruguay
  15. Kolombia
  16. Ekuador
  17. Gambia
  18. Nigeria
  19. Senegal
  20. Tunisia
  21. Irak
  22. Uzbekistan
  23. Korea Selatan
  24. Jepang

Video Populer

Foto Populer