Sukses


Simpati Gelandang Persib untuk Pemain Timnas Indonesia U-20: Ayo, Semangat Lagi!

Bola.com, Bandung - Gelandang Persib Bandung, Dedi Kusnandar, turut menyesalkan batalnya Piala Dunia U-20 2023 terselenggara di Indonesia. Menurutnya, event internasional berskala besar itu menjadi mimpi bagi setiap pesepak bola muda.

FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Melalui keterangan resminya pada Rabu (29/3/2023) malam WIB, federasi sepak bola dunia itu memastikan bahwa Indonesia bukan lagi tuan rumah yang ditunjuk.

Penyesalan terhadap batal terselenggaranya Piala Dunia U-20 2023 diungkapkan oleh banyak pihak, tak terkecuali pemain Persib Bandung, Dedi Kusnandar, yang menilai bahwa event ini merupakan impian banyak pemain muda di Indonesia.

"Sebagai pemain pasti sedih dan kecewa karena pembatalan Piala Dunia ini. Event berskala besar ini impian semua pemain, pencinta sepak bola, dan harapan semua masyarakat Indonesia," ujar Dedi Kusnandar di Bandung, Kamis (30/3/2023).

"Namun, kita juga tidak bisa apa-apa lagi. Semoga ada hikmah di balik semua peristiwa ini. Semangat untuk adik-adik U-20, karier kalian masih panjang, jadi harus tetap semangat," lanjut gelandang Persib Bandung itu.

2 dari 5 halaman

Dukungan untuk Pemain Muda

Batal terselenggaranya Piala Dunia U-20 2023 membuat Timnas Indonesia U-20 kecil kemungkinan bisa berpartisipasi. Awalnya Shin Tae-yong menggenjot para pemain Tim Garuda Nusantara yang akan tampil di event itu sebagai tim tuan rumah.

Namun, saat ini situasi tidak pasti. Belum ditunjuknya tuan rumah baru membuat Timnas Indonesia U-20 hampir pasti tidak akan berpartisipasi, kecuali FIFA menunjuk negara yang timnya sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 tentu kecewa berat tidak bisa tampil di Piala Dunia U-20 2023, terlebih ada dua pemain muda Persib Bandung di dalamnya, yaitu Ferdiansyah, Robi Darwis dan Kakang Rudianto. Dedi pun berharap adiknya di Persib Bandung itu tidak terpuruk.

"Saya merasakan apa yang tengah dirasakan oleh Robi, Kakang, dan Ferdiansyah, juga pemain muda lain dengan batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia. Pastinya itu mengganggu mental mereka," ujar Dedi.

"Sebagai pesepak bola, ini adalah lonjakan karier mereka dalam menghadapi rintangan untuk membangkitkan mental yang mereka miliki," lanjutnya.

 

3 dari 5 halaman

Kemungkinan Sanksi FIFA

Dengan batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, pemain bernomor punggung 11 di Persib Bandung ini khawatir akan berujung  sanksi lanjutan dari FIFA seperti yang pernah dialami Indonesia pada 2015.

"Sebagai pemain hal-hal seperti itu ditakutkan karena kami pernah merasakan pada tahun 2015 seperti apa. Pengalaman seperti itu yang saya rasakan, dan saya berharap itu tidak terjadi tahun ini," tegas Dado.

"Saya merasakan hal itu sangat berat buat sepak bola, bukan pemain saja, efek dominonya banyak sekali, termasuk penggiat di luar sana yang berurusan dengan sepak bola," tambah eks pemain Timnas Indonesia ini sambil mengakhiri.

Seperti diketahui FIFA telah resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023, meskipun Ketua Umum PSSI, Erick Thohir telah berupaya melobi agar Indonesia tetap menjadi tuan rumah.

Sebagai gantinya, FIFA akan segera mengumumkan, di mana ada tiga negara yang disebut-sebut siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, yakni Peru, Argentina, dan Qatar.

 
4 dari 5 halaman

Jadwal Persib Selanjutnya

Persija Jakarta vs Persib Bandung

Stadion: Patriot Candrabhaga, Bekasi

Jumat, 31 April 2023

Kick-off: 20.30 WIB

Live: Indosiar

Live streaming: Vidio

5 dari 5 halaman

Posisi Persib di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer