Sukses


Kronologi Batalnya Naturalisasi Justin Hubner: Gara-gara Permintaan Tidak Dipenuhi

Bola.com, Jakarta - PSSI memutuskan hanya melanjutkan program naturalisasi untuk dua pemain keturunan Belanda dalam waktu dekat ini. Dua pemain itu adalah Rafael Struick dan Ivar Jenner.

Sementara satu pemain keturunan yang lain, Justin Hubner tak jadi dinaturalisasi. Hal itu diungkapkan oleh anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga di Jakarta, Senin (17/4/2023).

Menurut Arya Sinulingga, PSSI tak bisa memenuhi satu permintaan dari Justin Hubner. Tanpa menyebut apa permintaan tersebut, Arya merasa permintaan itu cukup berat untuk dipenuhi.

"Yang kami proses ada dua, yang siap bergabung dengan kita. Wajar agak terhambat di Kemensesneg, karena ada satu yang masih dinegosiasi. Jadi kami tidak melanjutkan untuk naturalisasi terhadap Hubner, karena ada permintaan Hubner yang tidak bisa kita penuhi," kata Arya.

Sebelum adanya pernyataan dari Arya Sinulingga, Justin Hubner sempat menjadi harapan bagi Timnas Indonesia U-20 dan senior.

Bola.com mencoba membuat kronologi bagaimana pemain tersebut ditemukan hingga akhirnya gagal dinaturalisasi.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Untuk Piala Dunia U-20 2023

Justin Hubner pertama muncul ke permukaan pada pertengahan 2021. Saat itu namanya mencuat sebagai satu dari beberapa pemain yang akan dinaturalisasi sebagai bagian dari skuad Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Shin Tae-yong memang tertarik kepada pemain kelahiran 2003 ini. Shin pun meminta PSSI untuk mencoba mendekati Justin Hubner yang saat itu sudah memperkuat tim muda Wolverhampton Wanderers.

Bahkan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, diutus langsung untuk menemui keluarga Justin Hubner di Belanda. Indra Sjafri datang untuk menyampaikan niat PSSI menaturalisasi pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut.

3 dari 5 halaman

Direstui

Bak gayung bersambut, saat itu keluarga Justin Hubner merestui keinginan PSSI. Hubner juga tampak tidak keberatan saat itu.

Justin Hubner juga sudah dipastikan memiliki garis keturunan Indonesia. Garis keturunan itu berasal dari sang ayah, sementara ibunya asli dari Belanda.

Justin Hubner dan beberapa pemain keturunan lain pun sempat datang ke Jakarta. Mereka berkunjung ke kantor PSSI di GBK Arena.

Tak hanya itu, Justin Hubner juga sempat mengikuti beberapa turnamen uji coba yang diikuti oleh Timnas Indonesia U-20. Termasuk turnamen di Spanyol tahun lalu.

4 dari 5 halaman

Disetujui DPR

Maret 2023, Komisi X DPR RI telah menyetujui rekomendasi tiga pemain naturalisasi untuk Timnas Indonesia U-20. Ada nama Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick di sana.

Keputusan itu diambil Komisi X dan Komisi III DPR dalam Rapat Kerja dengan Plt Menpora Muhadjir Effendy dan PSSI pada 20 Maret 2023.

Kemudian DPR RI juga setuju memberikan Kewarganegaraan Republik Indonesia atau naturalisasi kepada Justin Quincy Hubner, Ivan Jenner, dan Rafael William Struick pada 21 Maret 2023. Persetujuan diambil dalam sidang paripurna ke-19 Masa Sidang IV tahun sidang 2022-2023.

5 dari 5 halaman

Bela Belanda U-20 dan Proses Naturalisasi Batal

Publik sepak bola Tanah Air sempat kaget ketika Justin Hubner memenuhi panggilan pemusatan latihan timnas Belanda U-20 jelang uji coba melawan Prancis di Spanyol pada 25 Maret.

Meski demikian, saat itu Hubner dikabarkan masih berminat menjadi WNI. Beberapa pengurus PSSI mencoba meyakinkan publik akan hal itu.

Namun proses naturalisasi menjadi mandek seiring keputusan FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.Tak lama kemudian, PSSI memutuskan Hubner tak jadi dinaturalisasi.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer