Sukses


Respons Santai Justin Hubner Setelah Naturalisasinya untuk Timnas Indonesia Dibatalkan PSSI

Bola.com, Jakarta - Naturalisasi Justin Hubner untuk membela Timnas Indonesia telah dibatalkan PSSI. Bek keturunan kelahiran Belanda itu meresponsnya dengan santai lewat akun Instagramnya, @justinhubner5.

Justin Hubner hanya meninggalkan komentar dengan emotikon mata menyamping dalam suatu unggahan di Instagram pada Senin (18/4/2023).

Postingan Instagram itu memuat kabar PSSI yang menghentikan perpindahan kewarganegaran Justin Hubner.

PSSI beralasan pembatalan naturalisasi itu dikarenakan tidak bisa memenuhi permintaan Justin Hubner yang disebut-sebut meminta bayaran uang yang cukup besar.

2 dari 5 halaman

Penjelasan PSSI

"Kami tidak melanjutkan naturalisasi Justin Hubner karena ada permintaan dari pihak sang pemain yang tidak bisa kami penuhi," ujar anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

"Kami tidak mau berbicara tentang kabar uang. Memang ada yang tidak bisa kami penuhi permintaan dari pihak Justin Hubner. Jadi, kami tidak melanjutkan proses naturalisasi."

"Kami tidak tahu kenapa ada permintaan di akhir proses naturalisasi. Kami punya tim di Belanda. Tim yang sama menghubungi Justin Hubner, bukan berbeda orang," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Isu Mahar 1 Juta Euro

Beredar kabar bahwa Justin Hubner menginginkan mahar sebesar 1 juta euro atau setara dengan Rp16 miliar kepada PSSI untuk melanjutkan naturalisasinya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Nilai tawar Justin Hubner memang sangat tinggi. Bek Wolverhampton Wanderers U-21 itu baru saja membela Timnas Belanda U-20 melawan Timnas Prancis U-20 pada FIFA Matchday Maret 2023.

Naturalisasi Justin Hubner bersama dua pemain keturunan asal Belanda lainnya, Ivar Jenner dan Rafael Struick direkomendasikan pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, untuk Piala Dunia U-20 2023.

4 dari 5 halaman

Naturalisasi 2 Pemain Tetap Dilanjutkan

Namun, FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Namun, naturalisasi ketiga pemain itu tetap diproses. Hingga pada akhirnya, pergantian kewarganegaraan Justin Hubner disetop.

PSSI memastikan naturalisasi Jenner dan Struick tetap dilanjutkan meski sudah membuat kebijakan untuk Justin Hubner. Keduanya diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia level senior.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer