Sukses


Erick Thohir Ungkap Alasan Ingin Kumpulkan Pemain Timnas Indonesia U-20 di Bhayangkara FC

Bola.com, Jakarta - PSSI sedang menapaki keseriusan untuk mengumpulkan pemain Timnas Indonesia U-20 di Bhayangkara FC. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, punya alasan khusus akan rencana pengumpulan tersebut.

Rencana itu akan dilakukan agar para pemain Timnas Indonesia U-20 bisa mendapatkan pengalaman berkompetisi di level klub. Skuad eks Piala Dunia U-20 2023 itu dipersiapkan sebagai program jangka panjang untuk Timnas Indonesia masa depan.

Namun, pengumpulan di Bhayangkara FC hanya untuk pemain yang belum terikat kontrak dengan klub lain. Adapun bagi pemain yang sudah mendapatkan kontrak profesional PSSI tak punya kewajiban untuk memaksakan kehendak tersebut.

"Jadi, pemain Timnas Indonesia U-20 yang belum punya tim bisa kami prioritaskan ke Bhayangkara FC Akan tetapi, kalau sudah punya tim kami tidak bisa memaksa," kata Erick Thohir.

2 dari 4 halaman

Jangka Panjang

Dengan mengumpulkan pemain Timnas Indonesia U-20 di Bhayangkara FC, Erick Thohir berharap pemain bisa terus menjadi kesatuan. Nantinya, para pemain itu akan lebih mudah dalam mengembangkan diri untuk program masa depan.

"Kalau timnya mau menipikan, karena kami punya jangka panjang," tegas Erick Thohir.

"Itu sesuatu yang bagus karena tidak mungkin kami bentuk timnas tiap pekan atau bulan. Kami harus bentuk tiga sampai lima tahun. Apalagi mau ada percepatan pembinaan," ucap Erick Thohir.

3 dari 4 halaman

Ajak Tim Lain

Erick Thohir juga mengajak tim lain yang bersedia menjadi tempat pengumpul pemain Timnas Indonesia U-20. Bila ada, maka PSSI akan dengan senang hati menerimanya.

"Kalau ada tim lain yang mau menyerahkan timnya kepada PSSI, saya dengan senang hati. Ada tidak? Tolong ditanya selain Bhayangkara," tegas Erick Thohir.

Konsep seperti ini pernah dilakukan pada cabang olahraga basket. Ketika itu, para pemain Timnas Basket dikumpulkan di Indonesia Patriots dan berkompetisi di Indonesian Basketball League (IBL).

4 dari 4 halaman

Ide Jokowi

Mengumpulkan pemain Timnas Indonesia U-20 pada satu tim merupakan ide dari Presiden Joko Widodo. Ide tersebut disampaikan Jokowi dalam momen pembubaran Timnas U-20, Sabtu (1/4/2023).

Menurut Jokowi , Timnas U-20 terlalu sayang jika dibubarkan. Jokowi berharap bisa tetap dikumpulkan dalam satu tim.

Tentu hal ini sulit diwujudkan, mengingat sebagian besar pemain sudah dikontrak secara profesional oleh klubnya masing-masing. Namun, kini PSSI menggandeng Bhayangkara FC untuk menjadi wadah bagi para pemain Timnas U-20.

Video Populer

Foto Populer