Sukses


SEA Games 2023: Opsi Melimpah Indra Sjafri di Lini Tengah Timnas Indonesia U-22

Bola.com, Phnom Penh - Cabang olahraga sepak bola pada SEA Games 2023 memang memiliki aturan yang menarik. Setiap kontestan yang mengikuti ajang itu hanya boleh membawa 20 pemain sepanjang turnamen.

Kondisi itu sebenarnya cukup berat. Mengingat untuk menjadi juara, setiap kontestan paling tidak harus menjalani lima atau enam pertandingan.

Sejauh ini, Timnas Indonesia U-22 menjalani start yang baik pada Grup A SEA Games 2023. Tim Garuda Muda meraih dua kemenangan dalam dua laga yang sudah dijalani.

Pada laga perdana pada 29 April 2023, Timnas Indonesia U-22 menang 3-0 atas Filipina U-22. Kemudian pada laga kedua yang digelar Kamis (4/5/2023), Ananda Raehan dkk. menang 5-0 atas Myanmar U-22.

Ada yang menarik dari dua penampilan Timnas Indonesia U-22 pada dua laga itu. Meski masih jauh dari kata sempurna, permainan lini tengah Tim Garuda Muda di SEA Games 2023 cukup dominan.

2 dari 5 halaman

Kejutan Ananda Raehan

Indra Sjafri memiliki skema yang tampaknya sudah paten di Timnas Indonesia U-22. Ia selalu menggunakan skema satu penyerang tengah, entah itu pada formasi 4-3-3 atau 4-2-3-1.

Hal itu kembali terlihat pada SEA Games 2023. Pada skema itu, Indra membutuhkan satu gelandang bertahan yang kuat dan kukuh di lini tengah.

Ananda Raehan secara mengejutkan mampu memerankan tugas itu dengan baik. Meski ia baru menjalani dua laga.

Tak heran jika Indra Sjafri rela mencoret David Maulana dari skuadnya. Meski kita semua tahu, David lebih memiliki jam terbang di level internasional ketimbang Raehan.

3 dari 5 halaman

Duo Playmaker

Selain itu, Indra Sjafri juga memiliki duo playmaker dengan karakter menarik pada skuadnya. Duo pemain yang dimaksud adalah Marselino Ferdinan dan Beckham Putra.

Marselino dan Beckham memiliki karakter yang mirip. Keduanya diberkahi kemampuan dribling yang bagus serta kemampuan mengalirkan bola yang juga baik.

Namuin, keduanya masih belum bisa dimainkan secara bersamaan. Indra Sjafri pernah coba memainkan keduanya pada laga melawan Timnas Filipina U-22.

Marselino dan Beckham mengingatkan kita apa yang terjadi dengan Alessandro Del Piero dan Francesco Totti di Timnas Italia, atau Frank Lampard dan Steven Gerrard di Timnas Inggris.

Mereka memang kurang efektif jika dimainkan secara bersamaan, karena memiliki karakter yang mirip.

4 dari 5 halaman

Kondisi Darurat

Saat ini, Ananda Raehan bisa dikatakan sebagai pemegang posisi utama untuk pos gelandang bertahan Timnas Indonesia U-22 pada SEA Games 2023. Namun, Indra Sjafri seharusnya tak perlu pusing jika pemain berusia 19 tahun itu harus absen.

Sebab, ada dua pemain yang bisa mengisi posisi Raehan. Dua pemain yang dimaksud adalah I Komang Teguh dan Alfeandra Dewangga.

Teguh dan Dewangga adalah serang bek tengah. Namun, keduanya juga bisa tampil baik ketika digeser menjadi gelandang bertahan.

5 dari 5 halaman

Saksikan Liputan SEA Games 2023 di Bola.com

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Video Populer

Foto Populer