Sukses


Mengingat Memori Belanda Jajal Kekuatan Timnas Indonesia di SUGBK: Toni Sucipto Kerepotan

Bola.com, Jakarta - Jumat (7/6/2013) menjadi hari yang bersejarah. Pada hari itu, Timnas Indonesia berkesempatan menjamu Timnas Belanda dalam laga FIFA Matchday yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Timnas Belanda yang baru menunjuk Louis Van Gaal sebagai pelatih datang dengan kekuatan penuh. Para pemain bintang De Oranje kala itu seperti Robin Van Persie, Arjen Robben, John Heitinga, Dirk Kuyt, dan Wesley Sneijder hadir di GBK.

Timnas Belanda saat itu sedang membangun kekuatan baru. Mereka ingin mengejar tiket berlaga di Piala Dunia 2014 setelah gagal lolos dari babak grup EURO 2012.

Sesuai prediksi, Timnas Belanda tampil dominan atas Timnas Indonesia. Laga itu pun berhasil dimenangkan skuad De Oranje dengan skor 3-0.

Siem De Jong menjadi bintang kemenangan Belanda saat itu. De Jong mencetak dua gol ke gawang Kurnia Meiga. Sementara satu gol lagi dicetak oleh Arjen Robben.

2 dari 4 halaman

Repotnya Toni Sucipto

Pelatih Timnas Indonesia saat itu, Jacksen Tiago menurunkan Toni Sucipto di posisi bek kiri. Toni melengkapi kuartet lini belakang yang diisi Ricardo Salampessy, Victor Igbonefo dan Muhammad Robby.

Namun, Toni mengalami malam yang kurang baik. Dalam sepanjang laga ia sangat kerepotan menghadapi Jermain Lens dan Ruben Schaken. Toni kalah cepat dan lincah dari keduanya.

Dua gol yang bersarang ke gawang Indonesia pada laga itu pun berawal dari sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia yang dikawal oleh Toni Sucipto.

3 dari 4 halaman

Ajang Reuni

Laga itu juga menjadi ajang reuni beberapa pemain dari kedua tim. Saat itu Timnas Indonesia memang menggunakan dua pemain keturunan, yakni Sergio Van Dijk dan Raphael Maitimo.

Jacksen F. Tiago menurunkan keduanya sebagai starter. Sayangngya, kehadiran Maitimo dan Van Dijk tidak bisa menolong Timnas Indonesia dari kekalahan telak.

Dua pemain itu sama-sama memiliki darah Belanda. Maitimo dan Van Dijk pun tampak akrab berbincang dengan para pemain Belanda yang lain selepas pertandingan.

4 dari 4 halaman

Daftar Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Belanda 2013

Timnas Indonesia (4-3-3): Kurnia Meiga (Kiper), Ricardo Salampessy, Muhammad Roby, Victor Igbonefo, Toni Sucipto (Belakang), Imanuel Wanggai, Achmad Jufriyanto, Raphael Maitimo (Tengah), Greg Nwokolo, Sergio Van Dijk, Boaz Solossa (Depan).

Cadangan: Andritany Ardhiyasa, Ruben Sanadi, Zulkifli Syukur, I Made Wirawan, Hendro Siswanto, Vendri Mofu, Ahmad Bustomi, Ian Kabes, Andik Vermansah.

Pelatih: Jacksen F. Tiago

Timnas Belanda (4-3-3): Jasper Cillessen (Kiper), Daryl Janmaat, Ron Vlaar, Miquel Nelom, Erik Pieters (Belakang), WJens Toornstra, Wesley Sneijder, Jonathan De Guzman (Tengah), Ruben Schaken, Robin Van Persie, Jermain Lens (Depan).

Cadangan: Kenneth Vermeers, John Heitinga, Dirk Kuyt, Arjen Robben, Siem De Jong, Robin Van Wolfswinkel, Lerin Duarte, Dwight Tiendalli, Michel Vorm.

Pelatih: Louis Van Gaal

 

Video Populer

Foto Populer