Sukses


4 Jagoan Timnas Indonesia U-22 untuk Bungkam Vietnam di SEA Games 2023: Menanti Keganasan Fajar Fathurrahman

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 diliputi rasa optimistis tinggi jelang laga kontra Vietnam U-22 pada semifinal SEA Games 2023 di Stadion Olimpic, Phnom Penh, Sabtu (13/5/2023) sore WIB. Skuad Garuda mengakhiri babak grup dengan sempurna.

Filipina, Myanmar, Timor Leste, dan tuan rumah Kamboja bergiliran dipecundangi oleh anak asuh Indra Sjafri tersebut.

Catatan ini serupa dengan rekor tiga dekade silam. Terakhir kali Indonesia menyapu bersih kemenangan saat fase grup, terjadi saat mereka merebut medali emas SEA Games 1991.

Tak hanya itu, Timnas Indonesia U-22 juga menjadi tim tersubur di turnamen ini dengan catatan 13 gol. Pertahanan mereka pun kokoh lantaran baru kebobolan satu gol.

Semua modal tersebut membuat Timnas Indonesia U-22 berada di atas angin dan empat pemain ini bisa jadi kunci kemenangan atas Vietnam. Berikut ulasan selengkapnya.

2 dari 6 halaman

Marselino Ferdinan

Tidak bisa dimungkiri, Timnas Indonesia U-22 begitu ketergantungan dengan sosok Marselino Ferdinan. Pemain berusia 18 tahun itu merupakan roh serangan skuad Merah Putih.

Pergerakannya yang efektif ditambah kemampuan olah bola yang istimewa membuatnya begitu berbahaya. Ditunjang visi di atas rata-rata, membuatnya jadi pemain yang paling harus diwaspadai.

Sepakan jarak jauhnya juga kerap menjadi pemecah kebuntuan. Seperti dalam dua laga perdana babak grup dimana ia membuka kemenangan Indonesia.

3 dari 6 halaman

Ernando Ari

Mungkin benar, Timnas Indonesia U-22 tanpa tekanan berarti sepanjang fase grup SEA Games 2023. Namun, bukan berarti pertahanan Indonesia bakal mudah ditaklukkan.

Ernando Ari yang diplot di bawah mistar, tentu tak ingin melihat gawangnya kebobolan. Refleks cepat bakal membantunya mengatasi gelombang serangan Vietnam.

Ia juga terbilang handal dalam membaca arah bola. Ini bakal berguna andai Indonesia dihukum penalti di pertandingan nanti.

4 dari 6 halaman

M. Fajar Fathurrahman

M. Fajar Fathurrahman awalnya bukan pilihan utama. Namun, perlahan ia justru mampu menyegel posisi utama di sektor sayap seiring keberhasilan Indonesia lolos dari fase grup.

Catatan empat gol berhasil membantunya jadi salah satu top scorer turnamen ini. Ia begitu ganas setiap mendapatkan bola-bola empuk di kotak penalti lawan.

Ini yang mungkin akan coba dimanfaatkan pelatih Indra Sjafri. M. Ramadhan Sanata bisa jadi decoy agar kompatriotnya itu bisa menyelinap tanpa ketahuan.

 

5 dari 6 halaman

Rizky Ridho

Timnas Indonesia U-22 tanpa Rizky Ridho adalah sebuah tim yang berbeda. Tengok saja bagi mana permainan skuad Garuda di laga pamungkas grup kontra tuan rumah Kamboja.

Tanpa kehadirannya, pertahanan Indonesia tampak keteteran. Tidak adanya sosok leader membuat pergerakan pemain menjadi kacau balau.

Kembalinya penggawa anyar Persija Jakarta itu akan jadi modal yang sangat berharga dalam menghadapi gempuran Vietnam. Ia bisa jadi salah satu jagoan yang tak terlihat dalam upaya Indonesia menembus babak final.

6 dari 6 halaman

Eksklusif Liputan SEA Games 2023

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Video Populer

Foto Populer