Sukses


3 Fakta Lawan Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023: Capaian Skuad Garuda Kalah Mewah

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan bersaing dengan lawan-lawan yang tangguh di fase penyisihan Grup D Piala Asia 2023. Berdasarkan hasil drawing yang digelar Kamis (11/5/2023), tiga lawan itu ialah Jepang, Irak, dan Vietnam.

Jika dibandingkan dengan tiga pesaingnya, kiprah Timnas Indonesia memang tak begitu mentereng. Terutama jika melihat pencapaian-pencapaian yang sudah dicatatkan di ajang Piala Asia.

Pasalnya, selain karena jumlah partisipasinya yang minim di level Asia, Timnas Indonesia juga menjadi satu-satunya kontestan di Grup D Piala Asia 2023 yang belum pernah berhasil lolos ke fase gugur.

Padahal, tiga lawan yang bakal dihadapi tim Merah Putih pada fase gugur punya kiprah dan rekam jejak yang mentereng di kejuaraan yang digelar empat tahunan ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 4 halaman

Dua Kontestan Pernah Raih Juara

Dari keempat negara yang tergabung di Grup D, memang hanya ada dua yang pernah meraih juara. Kedua kontestan yang dimaksud ialah Jepang dan Irak.

Menariknya, Timnas Jepang berstatus sebagai kontestan tersukses di kejuaraan antarnegara Benua Kuning ini. Sebab, skuad Samurai Biru menjadi kolektor gelar terbanyak dengan empat trofi.

Masing-masing gelar itu diraih Jepang pada edisi 1992, 2000, 2004, dan 2011. Sementara itu, Irak sudah pernah satu kali meraihnya pada edisi 2007 yang saat itu digelar di empat negara Asia Tenggara.

Sementara itu, pencapaian terbaik Vietnam ialah menempati peringkat keempat pada edisi 1956 dan 1960. Adapun Indonesia cuma mentok berjuang di fase penyisihan grup saja.

3 dari 4 halaman

Ranking Timnas Indonesia Paling Rendah

Jika dibandingkan dengan seluruh kontestan di grup ini, peringkat FIFA yang dimiliki Timnas Indonesia memang menjadi yang paling rendah. Untuk saat ini, Indonesia berada di urutan ke-149.

Timnas Jepang yang menjadi tim langganan Piala Dunia memiliki peringkat yang paling mentereng di Asia. Sebab, mereka saat ini duduk di ranking ke-20.

Adapun Irak yang tergabung di pot dua pada babak undian Piala Asia 2023 menempati urutan yang cukup baik, yakni 67. Sedangkan Vietnam berstatus sebagai kontestan asal Asia Tenggara yang posisinya paling tinggi karena berada di urutan ke-95.

4 dari 4 halaman

Tim Paling Sering Berpartisipasi

Dari seluruh kontestan yang masuk di Grup D, Jepang dan Irak menjadi tim yang paling sering berpartisipasi di Piala Asia. Sebab, keduanya sama-sama sudah 10 kali berpartisipasi di kejuaraan ini.

Selain itu pula, Jepang dan Irak juga mencatatkan penampilan di edisi terakhir yang berlangsung pada 2019. Pada edisi ini, Jepang merebut status sebagai runner-up, sedangkan Irak terhenti di fase 16 besar.

Sementara itu, Vietnam dan Indonesia sama-sama lima kali tampil di Piala Asia. Bedanya, Vietnam sukses mencatatkan penampilan pada 2019, sedangkan Indonesia terakhir kali tampil pada 2007 saat jadi tuan rumah.

Video Populer

Foto Populer