Sukses


Legenda Timnas Indonesia Menilai Kehadiran Pemain Keturunan Sangat Membantu Lini Belakang Skuad Garuda

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia memiliki program naturalisasi pemain keturunan dalam beberapa tahun berakhir. Lini belakang menjadi salah satu fokus program tersebut.

Sejauh ini ada dua pemain keturunan yang sudah menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Dua pemain yang dimaksud adalah Jordi Amat dan Elkan Baggott.

Sementara dua pemain keturunan lain yakni Sandy Walsh dan Shayne Pattynama siap segera menyusul. Keempatnya diharapkan bisa bemain untuk Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 mendatang.

Eks bek tengah Timnas Indonesia, Firmansyah memiliki penilaian mengenai kehadiran pemain keturunan itu. Ia merasa mereka sangat membantu untuk semakin menguatkan lini belakang Skuad Gaurda.

"Saya lihat kedatangan Jordi Amat dan pemain keturunan yang lain sangat membantu," ujar Firmansyah kepada Bola.com.

2 dari 3 halaman

Luar Biasa

Firmansyah merasa kehadiran Jordi Amat dan Elkan Baggott di Timnas Indonesia sangat luar biasa. Keduanya memiliki pengalaman yang bagus bermain di Eropa. Bahkan, Jordi Amat pernah lama bermain di Premier League dan La Liga.

"Permainan Jordi Amat dan Elkan Baggott belakangan juga luar biasa untuk pertahanan Timnas," kata Firmansyah.

Meski demikian, Firmansyah menilai masih ada ruang untuk perbaikan di lini belakang Timnas Indonesia. Terutam soal rasa saling pengertian satu sama lain dari para pemain belakang.

"Namun, rasa saling pengertian harus bisa menyatu, kekompakan dan komunikasi juga harus terus dijaga agar benar-benar kuat saat bertahan," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Bisa Belajar

Firmansyah menilai kehadiran para pemain Timnas Indonesia bisa membantu perkembangan pemain lokal. Firmansyah juga memuji postur Elkan Baggott yang punya modal bagus dalam hal postur.

"Baggott juga bagus tinggi sekali dia, dan pemain yang lain bisa belajar dari mereka juga," ujarnya.

Firmansyah memuji kehadiran para pemain keturunan di lini belakang Timnas Indonesia. Namun, eks pemain Persikota Tangerang itu merasa ada juga pemain muda lokal yang juga punya kualitas.

"Sebenarnya kita juga ada pemain muda yang bagus Rizky Ridho misalnya, masih muda dan tinggi juga. Ia masih bisa dikembangkan lagi kemampuannya, jelasnya.

Video Populer

Foto Populer