Sukses


Sikat Myanmar, Vietnam Gondol Medali Perunggu SEA Games 2023

Bola.com, Phnom Penh - Medali perunggu dari cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2023 menjadi milik Vietnam. Timnas Vietnam U-22 menang 3-1 atas Timnas Myanmar U-22 pada laga perebutan medali perunggu di National Olympic Stadium Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/5/2023) sore WIB.

Timnas Vietnam U-22 mencari pelampiasan setelah kalah dari Timnas Indonesia U-22 pada babak semifinal SEA Games 2023. Mereka bertekad meraih kemenangan saat menghadapi Timnas Myanmar.

Timnas Vietnam U-22 mengawali laga dengan baik. Bahkan, tim yang ditukangi Philippe Troussier itu mampu unggul cepat ketika babak pertama baru berjalan

Menerima umpan dari sisi kiri, Ho Van Cuong mencetak gol pertama Timnas Vietnam U-22 pada laga ini. Tendangan kaki kanan keras pemain bernomor punggung 13 itu tak mampu ditahan kiper Myanmar U-22.

Myanmar harus bermain tanpa didampingi sang pelatih kepala, Michael Feichtenbeiner yang mendapatkan akumulasi kartu. Ia harus duduk dari tribune VIP National Olympic Stadium Phnom Penh.

2 dari 6 halaman

Mencoba Membalas

Timnas Myanmar U-22 mencoba membalas ketertinggalan. Striker mereka, Ar Kar Kyaw, mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-18. Sayangnya, bola sepakan Ar Kar Kyaw masih jauh dari sasaran.

Bukan gol balasan yang didapatkan Timnas Myanmar U-22. Gawang mereka justru kembali kebobolan ketika babak pertama memasuki menit ke-34.

Menerima sodoran dari Le Van Do, Ho Van Cuong ada pada posisi bebas. Ia mencetak gol keduanya pada laga ini lagi-lagi dengan kekuatan kaki kanannya.

Tak ada lagi gol yang tercipta hingga babak pertama usai. Timnas Vietnam U-22 memiliki kepercayaan diri yang sangat bagus untuk menjaga keunggulan.

3 dari 6 halaman

Vietnam Lebih Santai di Babak Kedua

Timnas Vietnam U-22 menjalani awal babak kedua dengan lebih santai. Mereka hanya terlihat ingin menjaga keunggulan dan lebih banyak memainkan tempo pertandingan.

Gol ketiga dari Timnas Vietnam U-22 hadir pada menit ke-56. Khuat Van Kang ada di posisi yang tepat untuk menyambut umpan silang dari sisi kanan pertahanan Myanmar U-22.

Tembakan first time pemain berusia 19 tahun itu tak tertahankan oleh kiper Myanmar.

Sempat terjadi insiden tabrakan antara penyerang Timnas Myanmar U-22, Hein Htet Aung, dengan penjaga gawang Timnas Vietnam U-22, Doan Huy Hoang, pada menit ke-63. Laga sempat dihentikan sejenak.

Doan Huy Hoang terlihat kesakitan dan memegangi pergelangan kakinya. Setelah mendapatkan perawatan, kiper bernomor punggung 20 itu bisa melanjutkan laga.

4 dari 6 halaman

Gol Hiburan

Timnas Myanmar U-22 mencoba mencari gol hiburan di sisa babak kedua. Usaha itu akhirnya berbuah hasil ketika laga sudah memasuki menit ke-88.

Sepakan sudut yang dilepaskan pemain Timnas Myanmar U-22 berhasil ditinju oleh Doan Huy Hoang. Namun, tinju itu justru mengarah ke bek Myanmar, Aung Myo.

Dengan mudah, pemain bernomor punggung 15 itu menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong.

Tak ada lagi gol yang tercipta hingga babak kedua berakhir. Bagi Timnas Vietnam U-22, ini adalah torehan medali perunggu keenam dalam sejarah SEA Games.

Terakhir kali Vietnam meraih perunggu di ajang SEA Games terjadi pada edisi 2015. Saat itu mereka menang 5-0 atas Timnas Indonesia U-23 di Stadion National Singapura.

5 dari 6 halaman

Daftar Susunan Pemain

  • Timnas Vietnam U-22 (3-4-3): Doan Huy Hoang (Kiper), Phan Tuan Tai, Luong Duy Cuong, Nguyen Ngoc Thang (Belakang), Ho Van Cuong, Le Quoq Nhat Nam, Nguyen Thai Son, Vo Minh Trong (Tengah), Khuat Van Khang, Nguyen Van Truong, Le Van Do (Depan).
  • Pelatih: Philippe Troussier
  • Timnas Myanmar U-22 (4-4-2): Pyae Phyo Thu (Kiper), Kaung Htet Paing, Lat Wai Phone, Thet Hein Soe, Nyan Lin Htet (Belakang), Khun Kyaw Zin Hein, Htoo Myat Khant, Yan Kyaw Soe, Zaw Win Thein (Tengah), Hein Htet Aung, Ar Kar Kyaw (Depan).
  • Pelatih: Michael Feichtenbeiner
6 dari 6 halaman

Bola.com di SEA Games 2023 Kamboja

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Video Populer

Foto Populer