Sukses


Erick Thohir ke Jerman Pertengahan Juni 2023: Misi Dekati Direktur Teknik, Sekaligus Bawa Pemain Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, berencana untuk terbang ke Frankfurt, Jerman, pada pertengahan Juni 2023 demi memulai misi pencarian Direktur Teknik PSSI.

Erick Thohir bakal berangkat ke Jerman bersama dua Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali dan Ratu Tisha Destria.

Perburuan untuk Direktur Teknik PSSI menjadi bagian dari kerja sama antara PSSI dengan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

Sebelumnya, Erick Thohir sudah sempat datang Jerman ketika menemani Presiden Jokowi dalam pameran industri terbesar di Eropa bernama Hannover Messe pada pertengahan April 2023.

2 dari 4 halaman

Ungkapan Erick Thohir

"Pada pertengahan Juni 2023, saya dengan Pak Amali dan Ibu Tisha akan berangkat ke Frankfurt untuk bekerja sama terkait Direktur Teknik PSSI," ujar Erick Thohir.

"Supaya, Direktur Teknik PSSI benar-benar independen sehingga ketika me-review semua pelatih juga secara independen. Kenapa kami memilih Jerman?".

"Sebab, beberapa waktu lalu saya melakukan rapat bilateral dengan Jerman ketika perjalanan saya dengan Pak Jokowi. Dengan Jerman, kami melihat potensi karena banyak sekali pemain Asia yang bermain di sana," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Surganya Pemain Asia

Jerman memang menjadi surganya para pemain Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dalam dua dekade terakhir, terutama dari Jepang, Korea Selatan, Iran, hingga Australia.

"Inilah kenapa kami ingin membuat kesempatan untuk pemain muda di Timnas Indonesia supaya bisa berlatih di Jerman. Mereka juga bisa menyentuh Eropa. Ini kan baru mimpi," ucap Erick Thohir.

Sementara itu, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, membantah bahwa Direktur Teknik PSSI yang baru untuk menggantikan Indra Sjafri adalah Oliver Kahn.

4 dari 4 halaman

Bukan Oliver Kahn

Kahn baru saja dipecat sebagai CEO Bayern Munchen hanya sesaat setelah tim berjulukan The Bavarians itu menyegel gelar Bundesliga untuk yang kesebelas kalinya secara beruntun.

"Begini. Jangan tinggi-tinggi. Nanti tinggi banget, pemain kita gimana, kebingungan. Jadi disesuaikan juga. Tapi kan, dengan adanya Direktur Teknik mumpuni seperti itu, membuat masing-masing pelatih kan ada yang mengawasi dan mengontrol," ucap Arya.

"Direktur Teknik nanti juga diberikan target juga. Soal pemain siapa yang diambil, apakah ada naturalisasi lagi. Semua itu nanti dari Direktur Teknik. Di situ, ada juga ramuan-ramuan. Makanya kami akan mencari sosok yang mudah-mudahan bagus," jelasnya.

Video Populer

Foto Populer