Sukses


Aturan Baru di Cabor Sepak Bola Asian Games Hangzhou 2022: Boleh Pakai Tim U-24

Bola.com, Jakarta - Asian Games 2022 akan digulirkan mulai September hingga Oktober 2023. Ajang ini mundur satu tahun dari jadwal semula karena sang tuan rumah, China saat itu ingin fokus menyelesaikan masalah Pandemi COVID-19 di negaranya.

Mundurnnya jadwal Asian Games 2022 itu pun membuat adanya kelonggaran aturan. Salah satunya aturan pada cabang olahraga sepak bola.

Biasanya, tim yang berlaga di ajang Asian Games adalah tim U-23. Namun, karena Asian Games 2022 ditunda satu tahun, tim U-24 boleh berlaga di Hangzhou nanti.

Seperti biasanya, para kontestan juga diperbolehkan membawa tiga pemain senior. Timnas Indonesia U-23 pernah melakukannya pada edisi Asian Games 2018.

Saat itu ada Stefano Lilipaly, Beto Goncalves, dan Andritany Ardhiyasa yang menjadi pengisi slot pemain senior di skuad Garuda Muda.

2 dari 3 halaman

Turunkan U-22

Ketua umum PSSI, Erick Thohir mengatakan bahwa aturan usia pemain dalam cabang olahraga sepak bola pada Asian Games 2022 menjadi U-24. Hal itu terjadi karena adanya penundaan selama setahun.

Meski demikian, Erick Thohir tampak yakin dengan Timnas Indonesia U-22 yang baru saja menjadi juara di SEA Games 2023. Meski masih berusia muda, Pratama Arhan dkk diyakini bisa berbicara banyak di level Asia.

"Di Asian Games 2022 aturannya U-24, tapi kami kirim pemain dari SEA Games 2023 yang jauh lebih muda. Ini untuk persiapan masa depan," ungkap Erick Thohir.

3 dari 3 halaman

16 Besar

Terakhir kali Timnas Indonesia U-23 berlaga pada Asian Games terjadi pada edisi 2018. Saat itu, tim asuhan Luis Milla tampil cukup apik di babak grup.

Septian David Maulana dkk. pun mampu menyegel satu tiket ke babak 16 besar. Pada fase tersebut, mereka mampu memberikan perlawanan hebat kepada Uni Emirat Arab.

Sayangnya, Timnas Indonesia U-23 harus kalah lewat babak adu tendangan penalti dari Uni Emirat Arab dalam laga yang saat itu digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

 

Video Populer

Foto Populer