Sukses


Liga 2: PSIM Menyoroti Wacana Lisensi Klub pada Kongres Biasa PSSI

Bola.com, Yogyakarta - PSSI baru merampungkan Kongres Biasa (KB) 2023 di Hotel Intercontinental Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (28/5/2023). Sejumlah agenda dibahas dalam kongres yang dihadiri 87 voters anggota PSSI itu.

Kongres Biasa 2023 jadi yang pertama digelar PSSI di bawah kepemimpinan Ketua Umum, Erick Thohir. Adapun beberapa agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut antara lain pengesahan auditor independen.

Kemudian, penerimaan pemberhentian serta perubahan nama dan domisili anggota PSSI, penetapan badan yudisial, serta penyempurnaan kode disiplin PSSI.

2 dari 5 halaman

Tanggapan PSIM

Hasil Kongres Biasa PSSI ditanggapi positif wakil klub Liga 2 dari Kota Gudeg, PSIM Yogyakarta. Pada agenda tersebut klub berjulukan Laskar Mataram itu diwakili general manajer Haryo Sadewa dan sekretaris tim Aprilia Sulistyowati.

"Kongres berjalan dengan baik, dengan membahas beberapa poin yang telah disepakati seperti memaparkan untuk menjadi target yang akan dilakukan secara menyeluruh baik pusat maupun daerah," ujar Aprilia Sulistyowati.

"Kemudian ada komersialisasi dalam membangun sepak bola, perubahan beberapa nama klub dan domisili," sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Soroti Lisensi Klub Liga 2

Pada Kongres Biasa PSSI, PSIM Yogyakarta memberikan sorotan wacana Club Licensing Regulation (CLR) yang akan mulai dicoba untuk Liga 2. CLR didefinisikan FIFA sebagai elemen kunci dalam membantu profesionalisasi sepak bola di seluruh dunia.

"Ya, dalam Kongres sempat disinggung masalah Club Licensing Regulation, yang akan mulai dicoba untuk tim Liga 2," papar Aprilia Sulistyowati.

Sistem CLR telah disetujui FIFA pada 2004 silam dan telah disosialisasikan secara masif kepada konfederasinya.

Elemen-elemen itu meliputi prinsip-prinsip umum dalam dunia sepak bola, seperti menjaga sportivitas, mengedepankan profesionalisme, menjaga kredibiltas dan integritas kompetisi, mempromosikan transparansi dalam keuangan, kepemilikan dan kontrol dari kesebelasan.

4 dari 5 halaman

Gosip Pergantian Manajemen

Belakangan ini merebak rumor jika terjadi pergantian manajemen di PSIM Yogyakarta. Bima Sinung Widagdo hengkang sebagai CEO PSIM.

Pun demikian Farabi Firdausy diisukan sudah tidak lagi menjabat manajer tim. Kabar tersebut sebetulnya sudah mencuat sejak Maret lalu.

Namun ketika itu, Bima Sinung Widagdo secara tegas membantah rumor tersebut. Mantan CEO Sulut United tersebut menyatakan dirinya masih menjabat sebagai CEO Laskar Mataram.

 

5 dari 5 halaman

Jarang Mendampingi Tim

Namun, fakta yang ada berbicara sebaliknya. Sosok Bima Sinung Widagdo belakangan ini mulai jarang mendampingi tim di berbagai kesempatan.

Termasuk, pada Kongres Biasa PSSI 2023. Padahal, biasanya Bima Sinung dan Farabi Firdausy lah yang selalu datang untuk mewakili PSIM.

Di sisi lain, rumor berembus saat ini Laskar Mataram tengah mencari sosok manajer tim baru. Hanya saja, soal kabar tersebut Aprilia Sulistyowati yang baru menjabat sekretaris tim per Januari 2023 enggan berkomentar banyak.

Video Populer

Foto Populer