Sukses


Deretan Pemain Asia Tenggara di Liga 1: Filipina Mendominasi, Pemain Myanmar Nyempil di Borneo

Bola.com, Jakarta - Regulasi 1 pemain asing Asia Tenggara, membuat 18 klub kontestan Liga 1 2023/2024 harus bergerak cepat untuk menentukan pemain. Sejauh ini, sudah ada 5 klub yang mengumumkan pemain asing Asia Tenggara.

Ada yang mempertahankan pemainnya sejak musim lalu seperti Persib Bandung dan Barito Putera, tetapi ada juga yang mendatangkan pemain baru. Kebijakan merekrut pemain asing Asia Tenggara, bisa menjadi sesuatu yang bagus. Liga 1 bisa semakin dikenal di kawasan Asia dan Asia Tenggara.

Lantas siapa saja pemain-pemain dari Asia Tenggara yang sudah merapat ke klub-klub Liga 1? Berikut ulasannya.

2 dari 6 halaman

Daisuke Sato

Daisuke Sato masih berseragam Persib Bandung sejak di rekrut pada Juni 2022. Penampilannya cukup impresif bersama Maung Bandung. Pemain berpasor Filipina tersebut sudah bermain 31 kali dan mencetak 2 gol bersama Persib.

Musim depan, ia diperkirakan masih menjadi andalan Luis Milla Aspas. Perannya juga cukup sentral sebagai bek kiri di Persib Bandung.

3 dari 6 halaman

Anthony Pinthus

Penjaga gawang berpaspor Filipina tersebut baru didatangkan PSS Sleman di bursa transfer musim ini. Kebetulan penjaga gawang kelahiran Solothurn, Swiss tersebut menjadi pemain Asia Tenggara pertama yang diperkenalkan sbeagi pemain baru untuk musim depan.

Sebelum bersama PSS, ia tampil di grup A Piala AFF 2022 dan sempat menghadapi Timnas Indonesia di fase grup. Saat itu, Timnas Indonesia berhasil menang 2-1 di Stadion Rizal Memorial, Manila. Sebelum bersama PSS, ia juga tercatat menjadi bagian United City FC di Liga Filipina.

4 dari 6 halaman

Mike Ott

Lagi-lagi dari Filipina. Mike Ott yang direkrut Barito Putera saat BRI Liga 1 2022/2023, masih dipertahankan. Melalui video yang diunggah akun ofisial Barito Putera beberapa waktu lalu, Mike Ott mengungkapkan alasannya tetap bersama Laskar Antasari.

"Saya senang fans berada di belakang dan mendukung saya, fans juga membicarakan hal-hal baik tentang saya. Jadi saya dengan senang hati mengumumkan tetap membela Barito Putera di musim kompetisi selanjutnya. Terimakasih," ucapnya.

 

5 dari 6 halaman

Win Naing Tun

Pergerakan Borneo FC musim ini cukup menarik dengan mendatangkan penyerang Timnas Myanmar Win Naing Tun. Ini menjadi kali pertama pemain asal Myanmar bermain di Liga Indonesia.

Win Nain Tun juga sudah mulai berlatih bersama Borneo FC. Alasan Borneo FC merekrutnya adalah dengan tujuan untuk menambah daya gedor Pesut Etam. Bos Borneo FC nabil Husein mengungkapkan jika kedatangan Win Naing Tun ke Borneo FC melalui skema transfer dari Yangon United, klub yang pernah berhadapan dengan Bali United di fase grup Piala AFF. 2018.

 

6 dari 6 halaman

Christian Rontini

Pemain asal Filipina memang menjadi primadona di Liga 1 2023/2023. Setelah Mike Ott, Anthony Pinthus, dan Daisuke Sato, kali ini Persita Tangerang yang kepincut jasa pemain Filipina. Ia adalah Christian Rontini. Ia adalah bek berpaspor Filipina keturuan Italia.

Usianya juga masih terbilang muda. Sekarang usianya baru 24 tahun. Menurut Manajer Persita tangerang, I Nyoman Suryanthara, gaya bermain rontini sangat cocok dengan skema yang akan diterapkan Pendekar Cisadane musim depan.

Video Populer

Foto Populer