Sukses


Bintang-Bintang Dunia yang Merasakan Rumput SUGBK: Pele, Arjen Robben, Next Lionel Messi?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjamu Timnas Argentina pada Senin (19/6/2023). Laga itu cukup historis, sebab itu akan menjadi pertemuan pertama Garuda menghadapi La Albiceleste dalam laga uji coba resmi.

Timnas Argentina sudah mengumumkan 27 nama yang akan dibawa ke Indonesia. Hebatnya, para pemain bintang utama La Albiceleste dipastikan akan dibawah ke Jakarta.

Sebut saja Lionel Messi yang sangat dinantikan aksinya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Selain Messi, ada beberapa bintang Argentina lain yang dipastikan akan ikut ke Jakarta.

Sebut saja Angel Di Mari yang kini masih memperkuat Juventus. Ada pula Nicolas Otamendi yng kini bermain untuk klub Portugal, Benfica.

Selain Lionel Messi, rupanya sudah cukup banyak bintang dunia yang pernah merasakan rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno. Bola.com punya daftarnya di bawah ini.

2 dari 5 halaman

Pele

Pele hadir di Indonesia dalam laga persahabatan yang berlangsung pada 21 Juni 1972. Saat itu Pele datang bersama klub raksasa Brasil, Santos.

Santos saat itu menghadapi Tim Garuda yang kala itu ditangani Endang Witarsa. Kehadiran Pele mampu mencuri perhantian pencinta sepak bola di Indonesia. Apalagi, pria yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu menorehkan prestasi mengilap bersama Timnas Brasil, yakni meraih trofi Piala Dunia 1958, 1962, dan 1970.

Sayangnya, penampilan Pele di Jakarta jauh panggang dari api. Alih-alih memukau publik Jakarta dengan gocekannya, Pele justru membuat kecewa.

Meski demikian, Pele tetap mampu mencetak satu gol dalam kemenangan 3-2 yang diraih Santos. Dua gol Pele yang lain dicetak oleh Jadel dan Edu.

3 dari 5 halaman

Luis Suarez dan Edinson Cavani

Timnas Indonesia mendapatkan lawan tangguh pada 8 Oktober 2010. Saa itu, skuad Garuda yang masih ditukangi Alfred Riedl mendapatkan kunjungan dari Timnas Uruguay.

Pamor Timnas Uruguay saat itu memang tengah bagus. Mereka baru saja menjadi semifinalis Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan.

Saat itu, Uruguay membawa dua bintang utamannya, Luis Suarez dan Edinson Cavani. Keduanya tampil menggila dalam kemenangan 7-1 yang diraih oleh La Celeste.

Sayangnya, saat itu Diego Forlan yang menjadi bintang utama Uruguay urng hadir ke Jakarta. Forlan disebut mengalami masalah kebugaran saat itu.

4 dari 5 halaman

Bintang-Bintang Belanda

Timnas Indonesia mendapatkan kesempatam berlaga melawan Timnas Belanda pada FIFA Matchday pada 7 Juni 2013. Saat itu Tim Merah-Putih sempat memberikan perlawanan ketat, meski mereka harus kalah 0-3.

Namun, kekalahan itu dirasa cukup wajar. Sebab, skuad Timnas Belanda membawa para bintang-bintang utama mereka meski tidak semua.

Ada Arjen Robben, Wesley Sneijder, dan Robin Van Persie yang saat itu dibawa ke Jakarta. Robben bahkan mampu mencetak satu gol ke gawang yang dijaga Kurnia Meiga Hermansayah.

5 dari 5 halaman

Oliver Kahn

Bayern Munchen berkunjung ke Indonesia pada Mei 2008. Saat itu skuad Die Roten menghadapi Timnas Indonesia pada 21 Mei 2008.

Bayern Munchen tak membawa semua bintang mereka. Namun, sang bintang utama, Oliver Kahn ikut serta pada laga itu. Menariknya, Kahn juga bermain meski tidak penuh selama 90 menit.

Bayern Munchen mampu menang 5-1 atas Timnas Indonesia. Satu-satunya gol Tim Merah-Putih dicetak oleh Bambang Pamungkas.

 

Video Populer

Foto Populer