Sukses


Rapor Performa Jebolan SEA Games 2023 dalam Laga Timnas Indonesia Vs Palestina: 3 Pemain Jadi Starter!

Bola.com, Surabaya - Dari lima pemain jebolan SEA Games 2023 di skuad Timnas Indonesia dalam laga kontra Palestina, tiga di antaranya dipercaya oleh Shin Tae-yong menjadi starter. Bagaimana performanya?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membawa lima pemain yang berhasil membawa Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas SEA Games 2023, dalam 26 pemain yang dipanggilnya memperkuat tim Garuda di FIFA Matchday Juni 2023.

Kelima pemain jebolan SEA Games 2023 itu adalah Ernando Ari, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, dan Witan Sulaeman. Kelima pemain tersebut diharapkan bisa menjadi pilar regenerasi Timnas Indonesia pada masa yang akan datang.

Shin Tae-yong pun memberikan kesempatan kepada tiga di antaranya untuk masuk dalam 11 pemain pertama Timnas Indonesia dalam laga melawan Palestina itu. Sementara satu lainnya masuk sebagai pengganti pada babak kedua.

 

2 dari 4 halaman

3 Pemain Jadi Starter

 

Dari 11 pemain pertama yang dipilih Shin Tae-yong untuk menjadi starter dalam laga kontra Palestina, tiga di antaranya adalah mereka yang berstatus sebagai perebut medali emas SEA Games 2023.

Ketiganya adalah Rizky Ridho dan Pratama Arhan di lini pertahanan, dan Marselino Ferdinan di lini tengah. Performa ketiga pemain ini cukup terlihat sepanjang pertandingan.

Rizky Ridho mengawal dengan baik pertahanan Timnas Indonesia bersama Elkan Baggott, membuat Palestina kesulitan untuk membuat peluang ke gawang yang dikawal Syahrul Trisna.

Sementara itu, Pratama Arhan tak hanya mengawal sisi sayap pertahanan Timnas Indonesia, tetapi juga membantu membangun serangan dari sisi kiri lapangan. Ia juga menjadi andalan untuk mengambil bola dalam situasi sepak pojok.

Marselino Ferdinan pun tampil cukup apik di lini tengah Tim Garuda. Bersama Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Yakob Sayuri, Marselino sukses mengawal lini tengah Tim Garuda dengan sangat baik.

Beberapa kali Marselino membuat pergerakan yang mengancam pertahanan Palestina, termasuk tembakan ke sudut kanan gawang Palestina yang masih bisa diamankan oleh sang penjaga gawang.

 

3 dari 4 halaman

Witan Jadi Pengganti, Ernando Ari Diistirahatkan

 

Sementara itu, dua pemain jebolan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 lainnya, Witan Sulaeman dan Ernando Ari, duduk di bangku cadangan Timnas Indonesia.

Witan Sulaeman masuk lapangan pad menit ke-71, bersamaan dengan Saddil Ramdani dan Ivar Jenner. Ketiganya menggantikan Rafael Struick, Ricky Kambuaya, dan Marselino Ferdinan.

Namun, dalam kurun waktu sekitar 19 menit permainan, Witan Sulaeman tidak banyak memberikan kontribusi konkret.

Sementara itu, Ernando Ari sama sekali tidak dimainkan oleh Shin Tae-yong dalam pertandingan ini.

Kiper muda Timnas Indonesia ini tampaknya akan disiapkan untuk menghadapi Argentina pada laga FIFA Matchday selanjutnya yang digelar pada Senin (19/6/2023).

4 dari 4 halaman

Rapor Jebolan SEA Games 2023 saat Timnas Indonesia Vs Palestina

Ernando Ari: -

  • Kiper muda Timnas Indonesia ini tidak mendapatkan kesempatan bermain dalam pertandingan kontra Palestina. Tampaknya Shin Tae-yong akan memainkannya pada laga kontra Argentina.

Rizky Ridho: 7,5

  • Penampilan Rizky Ridho cukup baik di pusat pertahanan Timnas Indonesia. Bersama Elkan Baggott, ia membuat Palestina kesulitan membuat peluang yang mengancam gawang Tim Garuda.

Pratama Arhan: 7,5

  • Pratama Arhan cukup terlihat dalam mengawal sisi sayap pertahanan Timnas Indonesia dan membantu serangan. Ia juga kerap mengambil peran sebagai eksekutor bola mati saat situasi sepak pojok.

Marselino Ferdinan: 7,5

  • Penampilan gelandang serang Timnas Indonesia ini juga lumayan baik. Ia beberapa kali mengancam gawang Palestina walau belum berhasil mengoyak jala gawang lawan. Ia juga ditarik keluar pada menit ke-71.

Witan Sulaeman: 6

  • Penampilan Witan Sulaeman tidak terlalu terlihat. Ia masuk pada menit ke-71, tetapi tidak terlalu memberikan banyak kontribusi terhadap permainan Tim Garuda pada sisa pertandingan.

Video Populer

Foto Populer