Sukses


Indra Sjafri Ingin Memadukan Eks Timnas Indonesia U-20 dan U-22 dalam Skuad Asian Games 2022: Bakal Gacor?

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-24, Indra Sjafri memiliki rencana menarik untuk mempersiapkan timnya menuju Asian Games 2022. Ia berencana menggabungkan para pemain eks SEA Games 2023 dan eks skuad Timnas Indonesia U-20.

Asian Games 2022 memang memiliki aturan menarik. Pada ajang itu, kontestan bisa menurunkan para pemain di bawah 24 tahun.

Hal itu dilakukan sebagai kompensasi mundurnya Asian Games 2022. Ajang itu sejatinya digelar di Hangzhou, China pada September tahun lalu.

Namun, baru bisa digelar September tahun ini. Selain itu ada tiga pemain senior yang juga bisa ikut serta.

"Konsepnya kami campuran, karena regulasi Asian Games itu boleh pakai tiga pemain senior," kata Indra Sjafri di Jakarta, Rabu (19/7/2023). 

"Cuma memang kita enggak ada target yang harus dipenuhi di situ. Ibaratnya kita memberikan pengalaman kepada pemain," sambungnya.

 
2 dari 4 halaman

Tetap Kompetitif

Namun, PSSI menurut Indra Sjafri menginginkan Timnas Indonesia U-24 untuk tetap tampil kompetitif. Mereka diharapkan tetap bisa bersaing di Hangzhou nanti.

Maka dari itu para pemain yang memberikan medali emas di SEA Games 2023 menjadi priroritas untuk dibawa ke Asian Games 2022.

"Namun, kami tidak mau sekadar ikut. Oleh sebab itu arahan dari Ketua PSSI, prioritas memang pemain-pemain yang memberikan penghargaan dari SEA Games kemarin," jelasnya.

 
3 dari 4 halaman

Harus Lima Pemain

Lebih lanjut, Indra Sjafri menjelaskan ada persyaratan khusus di Asian Games 2022. Harus ada minimal lima pemain eks SEA Games 2023 yang dibawa pada ajnag itu.

"Prioritas Asian Games itu kan persyaratannya ada lima pemain dari SEA Games dari 20 pemain tersebut," katanya.

"Setelah itu 20 pemain lainnya campuran dari U-20, pemain kelahiran 1999, dan senior juga. Nanti skuad yang mana yang akan kita nominasikan lebih banyak," tandas Indra Sjafri.

4 dari 4 halaman

Jadwal Sepak Bola Asian Games 2022

Menurut jadwal sementara yang dirilis oleh panitia lokal Asian Games 2022, cabang olahraga sepak bola akan dimulai pada 19 September 2023.

Seperti multievent lainnya, cabor sepak bola sudah berlangsung meski upacara pembukaan baru akan berlangsung pada 23 September 2023.

Sepak bola Asian Games belakangan kerap menggunakan format penyisihan, lalu dilanjutkan dengan fase gugur. Namun, jumlah kontestan bisa berbeda dari tahun ke tahun.

Misalnya pada Asian Games 2018, ada 27 negara yang ikut serta. Sementara pada Asian Games 2014, kontestan yang ikut serta mencapai 29.

Jumlah yang berbeda bisa saja terjadi pada Asian Games 2022. Indonesia juga sempat lama absen mengikuti ajang sepak bola di Asian Games.

Tidak ada nama Indonesia pada cabang olahraga sepak bola Asian Games 2010 yang berlangsung di Guangzhou, China.

Video Populer

Foto Populer