Sukses


Pengamat Menilai Timnas Indonesia U-24 Memang Seharusnya Tak Diberikan Target di Asian Games 2022

Bola.com, Jakarta - PSSI memutuskan tak memberikan target khusus kepada Timnas Indonesia U-24 yang akan berlaga di Asian Games 2022. Bahkan, PSSI berencana menurunkan alumni Timnas Indonesia U-20 pada ajang itu.

Keputusan itu mendapatkan dukungan dari pengamat sepak bola nasional, Mohamad Kusnaeni. Sosok yang akrab disapa Bung Kus itu merasa pecinta sepak bola Indonesia harus realistis di Asian Games 2022.

Timnas Indonesia U-24 yang akan berlaga pada ajang itu tak perlu diberikan target terlalu tinggi. Sebab, prestasi Indonesia pada ajang itu juga tak terlalu meyakinkan.

"Kita harus realistis, menjadikan Asian Games sebagai target itu akan menjadi beban untuk tim kita. Selama di Asian Games tidak ada prestasi luar biasa terutama dalam 10 tahun terakhir," ujar Kusnaeni kepada Bola.com, Rabu (26/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Fokus Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

Kusaeni menyarankan PSSI untuk lebih fokus pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Pada ajang itu, Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah.

Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi tantangan dari Turkmenistan dan China Taipei di Stadion Manahan Solo, September mendatang.

"Kemudian ada agenda yang lebih realistis yaitu Kualifikasi Piala Asia U-23, artinya itu lebih realistis karena bisa lolos ke Asia," jelas Kusnaeni.

3 dari 4 halaman

Level Asia Tenggara

Menurut Mohamad Kusnaeni, sepak bola Indonesia masih cukup rendah levelnya. Saat ini Asia Tenggara dinilai masih menjadi level paling realistis.

Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur memang pernah meraih prestasi di level Asia Tenggara. Terbaru ada Timnas Indonesia U-22 yang meraih medali emas SEA Games 2023.

"Sepak bola Indonesia itu masih levelnya Asia Tenggara, tidak hanya senior tapi juga di kelompok umur. Terbukti kita pernah juara SEA Games, U-22, U-19, dan U-16 juga pernah juara," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Masih Harus Berjuang

Lebih lanjut, Kusnaeni merasa sepak bola Indonesia masih harus terus berbenah jika mau bersaing di level Asia. Sebab, dibandingkan dengan negara lapis kedua Asia saja, Indonesia sebenarnya masih cukup tertinggal.

"Kita bisa juara lah di Asia Tenggara, mampu bersaing. Tapi kalau level Asia kita masih agak sulit, kita masih tertiggal bahkan dari negara lapis kedua seperti Bahrain atau Uzbekistan. Kalau kita mau," tandas Kusnaeni.

Video Populer

Foto Populer