Sukses


Shin Tae-yong Panggil Striker Persija, Aji Kusuma Perkuat Timnas Indonesia Melawan Turkmenistan di FIFA Matchday

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil striker Persija Jakarta, Aji Kusuma, untuk FIFA Matchday September 2023 melawan Timnas Turkmenistan.

Timnas Indonesia akan beruji coba dengan Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada 8 September 2023.

Keputusan untuk menyertakan Aji ke tim berjulukan Skuad Garuda itu cukup mengejutkan. Sebab, penyerang berusia 24 tahun itu bukan pilihan utama di Persija.

Aji memang telah bermain delapan kali dari sepuluh pertandingan Persija di BRI Liga 1, namun hanya sekali bertanding sebagai starter dan masih nihil gol.

2 dari 4 halaman

Belum Cetak Gol

Selain itu, dari jumlah penampilannya bersama Persija sampai saat ini, Aji masih belum bisa mencetak gol maupun assist, malah sudah mengantongi satu kartu kuning.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, memastikan Aji diberikan kepercayaan untuk masuk skuad dalam FIFA Matchday terdekat.

"Betul," ujarnya kepada Bola.com, Senin (28/8/2023) malam WIB.

Lantas, apa yang menjadi pertimbangan Timnas Indonesia menyertakan Aji ke FIFA Matchday?

"Semua pemain sama. Kami melihat di beberapa pertandingan," tutur Nova.

3 dari 4 halaman

Rutin Nonton BRI Liga 1 di Stadion

Shin Tae-yong, Nova, dan beberapa asisten pelatih Timnas Indonesia lainnya memang rutin bersafari dari satu stadion ke stadion lain untuk mencari pemain buat Timnas Indonesia di BRI Liga 1.

Panggilan ke Timnas Indonesia ini yang pertama buat Aji. Selain pemain berusia 24 tahun itu, Ryan Kurnia dari Persib Bandung dan Wahyu Prasetyo dari PSIS Semarang juga menjadi nama baru di Skuad Garuda.

4 dari 4 halaman

Berkekuatan 24 Pemain

Sementara itu, Timnas Indonesia akan memulai persiapan dengan berkekuatan 24 pemain pada 4 September 2023 di Surabaya sebelum menghadapi Turkmenistan.

"Kami bakal memanggil 24 pemain ke Timnas Indonesia dan sebanyak 24 pemain itu usianya di atas 23 tahun," jelas Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji.

Video Populer

Foto Populer