Sukses


Persaingan di Grup 2 Liga 2 2023 / 2024: Menanti Kembalinya Klub-Klub Klasik Sumatra ke Kasta Tertinggi

Bola.com, Jakarta - Liga 2 2023/2024 akan segera bergulir. Liga sepak bola level kedua di Indonesia itu akan mulai digurlikan pada Minggu (10/9/2023).

Kembalinya Liga 2 tentu menjadi angin segar bagi publik sepak bola Tanah Air. Sebab, kompetisi tersebut sempat berhenti di tengah jalan dan tak diselesaikan pada musim lalu.

Ada yang menarik dari Liga 2 musim ini. Setiap kontestan bisa mendaftarkan maksimal dua pemain asing untuk mengarungi musim.

Pada babak pendahuluan, Liga 2 2023/2024 dibagi ke dalam empat grup. Setiap grup berisi tujuh tim. Merekan bertarung untuk memperebutkan tempat ke babak 12 besar.

Grup 1 Liga 2 2023/2024 menjadi salah satu grup yang cukup menarik untuk disimak. Sebab, semua klub Sumatra bersaing di grup tersebut. Mereka bertekad menasbihkan diri sebagai yang terbaik di Pulau Andalas dan melaju ke babak selanjutnya.

2 dari 5 halaman

Rindu Wakil Sumatra

Pulau Sumatra sebenarnya memiliki banyak klub legendaris. Ada PSMS Medan yang bersinar sejak era Perserikatan hingga Divisi Utama Liga Indonesia.

Kemudian kita tahu bagaima kehebatan Sriwijaya FC. Klub itu konsisten meraih prestasi pada era Divisi Utama Liga Indonesia hingga era Liga Super Indonesia.

Jangan lupakan juga kiprah Semen Padang yang menjadi satu dari sedikit klub yang tersisa dari kompetisi era Galatama. Juga beberapa klub lain seperti Persiraja Banda Aceh, PSPS Riau, dan PSDS Deli Serdang.

3 dari 5 halaman

Wakil Sumatra Absen

Sayangnya, dalam beberapa musim terakhir tak ada wakil Sumatera di BRI Liga 1. Klub Sumatra terakhir yang berlaag di liga level tertinggi Indonesia adalah Persiraja Banda Aceh.

Tim yang identik dengan warna oranye itu berlaga di BRI Liga 1 2021/2022. Sayangnya, sistem bubble yang digunakan saat itu akibat COVID-19 menyulikan Persiraja.

Mereka harus puas mengakhiri musim di posisi juru kunci. Bahkan, Leo Lelis dan kawan-kawan hanya bisa meraih 13 poin di sepanjang musim saat itu.

4 dari 5 halaman

Berani

Klub-klub Sumatra menunjukkan keberanian dalam mengarungi Liga 2 2023/2024. Paling tidak jika parameternya adalah pemain-pemain yang mereka datangkan.

PSPS Riau misalnya yang mengontrak Supardi Nasir. Sebelum lama memperkuat Persib Bandung, Supardi memang pernah menjadi bagian dari PSPS.

Persiraja Banda Aceh malah lebih berani lagi. Mereak menggaet dua eks bintang BRI Liga 1, David Laly dan Andik Vermansyah. Keduanya akan membela Laskar Rencong di Liga 2 musim ini.

PSMS Medan pun tak mau kalah. Di skuad Ayam Kinantan musim ini ada beberapa pemain berpengalaman seperti Defri Riski, Rachmad Hidayat, Assanur Rijal, dan Kurniawan Karman.

5 dari 5 halaman

Peserta Grup 1 Liga 2 2023/2024

  • Persiraja Banda Aceh
  • PSDS Deli Serdang
  • PSMS Medan
  • PSPS Riau
  • Sada Sumut FC
  • Semen Padang FC
  • Sriwijaya FC

Video Populer

Foto Populer