Sukses


Kabar Terkini Rencana Naturalisasi Jay Idzes untuk Timnas Indonesia, Exco PSSI: Belum Diproses

Bola.com, Lamongan - Nama Jay Idzes menarik perhatian pecinta sepak bola nasional belakangan ini. Bek milik klub Serie B Italia, Venezia, itu kabarnya akan dinaturalisasi.

Jay Idzes kabarnya memiliki garis keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya. Ketua umum PSSI, Erick Thohir sempat berharap Idzes bisa segera dinaturalisasi agar bisa bermain untuk Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Meski demikian, proses naturalisasi Jay Idzes sampai saat ini ternyata belum dimulai. Hal itu diungkapkan oleh anggota Komite Eksekutif PSSI, Endri Erawan.

Menurut Endri, rencana memanggil Jay Idzes untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 merupakan pemikiran awal Erick Thohir.

"Itu juga belum, baru pemikiran awal dari Pak Ketum. Jadi belum ada proses sama sekali," ujar Endri saat ditemui selepas menghadiri acara pembukaan Liga 2 2023/2024 di Stadion Surajaya, Lamongan, Jawa Timur, Minggu (10/9/2023) malam.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Ada yang Mengurus

Endri Erawan juga belum tahu bagaimana kondisi terkini rencana program naturalisasi tersebut. Namun, ia memastikan dalam waktu dekat pasti proses itu akan segera diurus.

Menurutnya ada orang-orang di kepengurusan PSSI yang akan mengurus program naturalisasi, termasuk program naturalisasi Jay Idzes.

"Belum tahu, Insyaallah ya," katanya.

"Kami belum tahu perkembangannya seperti apa. Nanti ada teman-teman di exco yang mengurus proses naturalisasi," tandas Endri Erawan.

3 dari 3 halaman

Sekilas Tentang Jay Idzes

Jay Idzes memiliki garis keturunan Indonesia. Garis keturunan itu disebut berasal dari kakek dan neneknya.

Jay Idzes lahir dan besar di Belanda. Ia mengawali karier di akademi pemain muda PSV Eindhoven. Idzes juga sempat menjajal akademi pemain muda lain di Belanda seperti VVV Venlo, dan FC Eindhoven.

FC Eindhoven kemudian menjadi klub pertama yang diperkuat Jay Idzes di level senior. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu kemudian menjajal sepak bola Italia pada 2023 dengan pindah ke klub Serie B, Venezia.

Jay Idzes memiliki postur tinggi besar mencapai 190 cm. Jika berhasil dinaturalisasi, Idzes akan menjadi opsi menarik di lini belakang Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer