Sukses


BRI Liga 1: Menanti Aksi 3 Mantan, Setega Apakah Mereka Melawan Klub Kenangan?

Bola.com, Jakarta - Sebuah pertandingan yang melibatkan pemain dengan mantan klub yang pernah dibela selalu menarik. Terutama apabila kenangan si pemain dan klub tersebut beraroma wangi karena pernah saling mengharumkan nama mereka.

Pada sembilan pertandingan BRI Liga 1 2023/2024 pekan keempatbelas yang berlangsung 29 September-1 Oktober nanti, setidaknya ada tiga partai yang melibatkan para mantan.

Bagi para mantan, pertemuan mereka dengan eks klub tersebut bakal jadi sebuah reuni yang sarat beban. Apalagi konstelasi atau peta persaingan kompetisi kasta tertinggi Indonesia saat ini makin ketat dan penuh intrik.

Siapa saja tiga sosok yang akan bentrokan dengan klub mantan? Mari kita simak ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

1. Rahmad Darmawan dengan RANS

Di antara pelatih lokal yang masih bertahan di pesta BRI Liga 1 2023/2024 adalah Rahmad Darmawan. Sosok ini memang pantas masih beredar di orbit tertinggi. Karena jejak rekam prestasinya tak diragukan lagi.

Namun siapa sangka, tiga tahun terakhir pria yang akrab dipanggil dengan inisial RD ini malah tidak mengarsiteki tim papan atas Nasional. RD hanya mondar-mandir untuk keluar masuk dari RANS Nusantara FC dan Barito Putera.

Purnawirawan TNI AL ini berjasa besar mempromosikan klub milik artis kondang, Raffi Ahmad, itu dari Liga 2 2021 ke Liga 1 2022. RD juga terhitung dua kali beruntun menyelamatkan Barito Putera dari kurang degradasi.

Ironisnya, RD yang saat ini punya otoritas penuh di Barito Putera bakal menjamu RANS Nusantara FC di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kalsel, Jumat (29/9/2023).

Di laga ini, RD dituntut bisa mengamankan tiga poin kandang. Pasalnya saat ini Laskar Antasari, julukan Barito Putera, mulai tercecer di peringkat ketujuh daftar klasemen. Padahal beberapa pekan sebelumnya, klub milik keluarga besar mendiang HA Sulaiman HB ini bercokol di posisi tiga besar.

Sialnya, posisi itu sekarang diambil-alih RANS Nusantara FC yang lajunya mulai sulit dihadang. Padahal The Phoenix merupakan klub yang tak memiliki suporter fanatik dan bermarkas di Stadion Maguwoharjo Sleman.

Tega tak tega. RD harus jadi 'raja tega' demi reputasinya dan prestasi Barito Putera.

3 dari 4 halaman

2. Renan Silva kontra Bhayangkara FC

Pemain asal Brasil ini termasuk salah satu sosok asing yang betah berkarier di Indonesia. Renan Silva telah lima tahun berpetualang di lima klub berbeda di Liga 1.

Gelandang serang tajam ini mencapai puncak penampilan terbaiknya kala membela Borneo FC pada musim 2019. Dia tampil sebanyak 30 pertandingan dengan 12 gol. Gelar Pemain Terbaik Liga 1 pun direngkuhnya.

Namun performa pemain berjulukan Sang Maestro ini mulai menurun saat berbaju Bhayangkara FC musim berikutnya. Renan hanya menyumbang empat gol dari 15 kali tampil.

Tak pelak lagi. Pihak The Guardians, sebutan Bhayangkara FC, pun memutus kerjasama di paruh musim kedua. Beruntunga Madura United mau menampung Renan Silva.

Renan Silva yang dua musim terakhir berbaju Persik akan meladeni Bhayangkara FC di Stadion Brawijaya Kota Kediri, Sabtu (30/9/2023). Adakah bara kecewa yang akan diluapkan Renan Silva saat bentrokan dengan Bhayangkara FC nanti?

4 dari 4 halaman

3. Ryo Matsumura Melawan Persis

Gelandang energik nan kreatif ini langsung tampil memikat bersama Persis Solo pada debutnya di Liga 1 2022/2023 lalu.

Musim lalu, pemain asal Jepang ini memainkan 28 partai disertai 11 gol dan enam assist. Sebuah catatan ciamik yang sangat memikat siapa saja. Termasuk Persija yang 'menyerobot' Matsumura di bursa transfer musim ini.

Padahal pemain kelahiran Kyoto, 29 tahun lalu, itu masuk skenario penggawa yang dipertahankan Persis. Sayangnya, Matsumura akan kembali ke Solo sebagai rival bersama Persija.

Duelnya dengan Persis nanti menjadi reuni pertama sejak hijrah ke klub Ibukota. Matsumura harus menepikan kenangan bersama Laskar Sambernyawa. Karena Macan Kemayoran butuh tenaganya untuk menjaga kans bersaing di papan atas nanti.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer