Sukses


3 Pemain Debutan Timnas Indonesia Vs Brunei Darussalam: Talenta Menjanjikan Arkhan Fikri

Bola.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil tiga pemain baru untuk melawan Timnas Brunei Darussalam di putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Siapa saja?

Shin Tae-yong mempromosikan Arkhan Fikri, Hokky Caraka, dan Dzaky Asraf dari Timnas U-23 ke Timnas Indonesia demi memberikan pengalaman dan regenerasi.

"Satu di antara alasannya karena permainan mereka yang bagus di Timnas U-23. Dengan mereka datang ke latihan dan akan ada turnamen besar," ujar Shin Tae-yong terkait pemanggilan Hokky dan Dzaky Asraf.

"Pemain muda yang berlatih dengan pemain senior tentunya baik untuk mereka. Otomatis regenerasi itu yang saya mau dan saya memikirkan masa depan sepak bola 5-10 tahun ke depan," jelasnya.

Tim Merah-Putih bakal lebih dulu meladeni perlawanan Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada 12 Oktober 2023.

Lima hari berselang, giliran Timnas Indonesia yang akan menantang Brunei Darussalam di Hassanal Bolkiah National Stadium, Bandar Seri Begawan.

 -----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Arkhan Fikri

Arkhan Fikri hanya membutuhkan waktu sekitar setahun untuk dua kali promosi. Pada tahun lalu, gelandang berusia 18 tahun itu masih bermain untuk Timnas U-20 proyeksi Piala Dunia U-20 2023.

Mulai tahun ini, Arkhan Fikri naik kelas ke Timnas U-23. Dia terpilih sebagai pemain terbaik Piala AFF U-23 2023 yang digelar pada 17-26 Agustus 2023 di Thailand.

Sesudah itu, ia ditarik ke Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Agresivitas dan kerja keras pemain asal Arema FC itu bikin Shin Tae-yong naksir.

Namun, Arkhan Fikri harus menghadapi persaingan ketat di lini tengah Timnas Indonesia. Dia perlu mengungguli Marc Klok, Ricky Kambuaya, hingga Rachmat Irianto untuk mengunci satu tempat.

 

3 dari 5 halaman

Hokky Caraka

Bersama Arkhan Fikri, Hokky Caraka menjadi satu di antara eks pemain Timnas U-20 yang gagal mentas di Piala Dunia U-20 2023 akibat lokasinya dipindah dari Indonesia ke Argentina.

Namun, talenta menjanjikan Hokky membawanya promosi ke Timnas U-23 pada tahun ini. Penyerang asal PSS Sleman itu turut serta di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, pada September 2023 dan mencetak satu gol.

Meski masih berusia 19 tahun, Hokky telah mendapatkan kesempatan panggilan dari Timnas Indonesia. Tetapi, ia mesti bersaing dengan Rafael Struick, Ramadhan Sananta, Dendy Sulistyawan, hingga Dimas Drajad di lini depan.

 

4 dari 5 halaman

Dzaky Asraf

Shin Tae-yong sudah kadung kesengsem dengan Dzaky Asraf. Pemain asal PSM Makassar itu benar-benar tipe pesepak bola yang disukainya karena versatile dan pekerja keras.

Selain sebagai winger, Dzaky Asraf juga bisa bermain menghuni pos gelandang sayap hingga bek sayap. Usianya yang masih 20 tahun membuatnya mempunyai banyak ruang untuk berkembang.

Dzaky Asraf sebenarnya sudah beberapa kali dipanggil Timnas Indonesia, namun masih belum mendapatkan kesempatan bermain.

Dia duduk di bangku cadangan ketika Skuad Garuda dua kali beruji coba dengan Burundi pada Maret 2023 dan Turkmensitan, September 2023.

Sebagai pemain multiposisi, Dzaky Asraf dapat menjadi pelapis Asnawi Mangkualam dan Sandy Walsh di bek sayap kanan, serta Saddil Ramdani dan Egy Maulana Vikri di winger kanan.

 

5 dari 5 halaman

Daftar 26 Pemain Timnas Indonesia Vs Brunei Darussalam

Kiper: Nadeo Argawinata, Ernando Ari Sutaryadi, Syahrul Trisna

Bek: Wahyu Prasetyo, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, Edo Febriansyah, Fachruddin Aryanto

Gelandang: Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Dzaky Asraf

Penyerang: Dimas Drajad, Ramadhan Sananta, Dendy Sulistyawan, Rafael Struick, Hokky Caraka

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer