Sukses


Timnas Indonesia Berpesta Gol ke Gawang Brunei Darussalam, Jokowi: Sangat Menghibur

Bola.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan langsung duel Timnas Indonesia melawan Brunei Darussalam pada leg 1 putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10/2023). Skuad Merah Putih berhasil membungkam Brunei dengan kemenangan telak 6-0. 

Presiden Jokowi menilai hasil tersebut sebagai awal yang baik bagi Timnas Indonesia. "Ya ramai, sangat-sangat menghibur karena 6-0 dan ini kan nanti tanding di Brunei, jadi saya kira awal yang baik lah," ujar Presiden Jokowi pada media setelah pertandingan. 

Timnas Indonesia berhasil mencetak gol pertama melalui Dimas Drajad pada menit ke-7. Indonesia menggandakan keunggulan pada menit ke-11 setelah tendangan sudut Saddil Ramdani dituntaskan dengan baik oleh Rizky Ridho.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia makin meningkatkan serangannya dan mencetak empat gol tambahan. Ramadhan Sananta yang baru masuk pada babak kedua menyumbangkan dua gol, yaitu melalui titik putih pada menit ke-63 dan gol lainnya pada menit ke-67.

Dimas Drajad sukses melengkapi pesta gol tim Garuda dengan hat-trick setelah mencetak dua gol tambahan pada menit ke-72 dan ke-90+2.  

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Puji Pemain Timnas Indonesia

Menyaksikan penampilan Timnas Indonesia, Presiden Jokowi menilai semua pemain timnas bermain dengan apik.

"Semua baik, ya kerja tim, tapi ya tadi di babak kedua masuknya Ramadhan Sananta saya kira agak mengubah pola permainan," ungkapnya.

Tim Garuda akan bertandang ke Brunei Darussalam untuk menjalani leg kedua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama zona Asia pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Turut mendampingi Presiden Jokowi saat menyaksikan laga tersebut yakni Ibu Iriana Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Investasi /Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir.

  

3 dari 4 halaman

Shin Tae-yong Tidak Puas

Meski Timnas Indonesia meraih kemenangan besar, sang pelatih, Shin Tae-yong tetap kurang puas. Ia merasa Skuad Garuda seharusnya bisa bermain dengan lebih baik lagi.

"Saya mengucapkan selamat kepada para pemain Timnas Indonesia, tetapi untuk pertandingan, saya tidak begitu senang. harusnya permainan bisa lebih baik," ujar Shin dalam sesi konferensi pers selepas laga.

Shin Tae-yong merasa permainan Timnas Indonesia cukup baik pada awal laga. Namun, ada jeda cukup lama antara gol kedua dan gol ketiga.

Gol pertama dan kedua Timnas Indonesia pada laga itu tercipta pada awal babak pertama. Sementara itu, gol ketiga baru hadir pada pertengahan babak kedua.

"Setelah gol kedua sangat lama sampai terjadi gol ketiga, itu yang harus kita evaluasi, tetapi untungnya pada babak kedua para pemain kembali bekerja keras lagi, dan akhirnya baik. Jadi saya tetap mengucapkan terima kasih kepada para pemain," kata Shin. 

4 dari 4 halaman

Hattrick Bukan yang Terpenting bagi Dimas Drajad

Sementara itu, Dimas Drajad menjadi bintang pada laga ini. Penyerang berusia 27 tahun itu mampu mencetak tiga gol alias hattrick.

Dimas pun bersyukur dengan tiga gol yang dicetak. Apalagi, Timnas Indonesia mampu meraih kemenangan dengan skor besar.

"Alhamdulillah bisa menang, dan saya bersyukur cetak hattrick. Yang terpenting bukan saya cetak hattrick, tetapi bisa menjalankan instruksi dari coach Shin. Kita sebagai tim harus kompak dan harus bisa tampil bagus lagi di leg kedua," jelas Dimas. 

Video Populer

Foto Populer