Sukses


Dedengkot Ultrasmania Imbau Manajemen Klub dan Suporter Damai dan Harmonis

Bola.com, Gresik - Pilus, dedengkot Ultrasmania, prihatin dengan bentrokan yang terjadi pascalaga Gresik United kontra Deltras pada Liga 2 2023 di Stadion Gelora Joko Samudro, Minggu (19/11/2023).

"Saya terkejut dengan insiden itu. Karena selama bertahun-tahun saya masih aktif di Ultrasmania, seingat saya tak pernah terjadi keributan di Gresik," kata Pilus.

Tanpa menyudutkan pihak kepolisian dan Ultrasmania, salah satu pendiri kelompok suporter di era Petrokimia Putra ini, menyebut ada masalah hubungan antara manajemen klub dan suporter.

"Info yang saya dapat, sebenarnya kemarin teman-teman Ultras ingin demo damai ke manajemen. Saya pikir hal ini wajar, ini bentuk kecintaan suporter kepada klubnya," ujarnya.

 

2 dari 3 halaman

Berubah

Pilus pun menjelaskan perbedaan atmosfer sepak bola di era Galatama, ISL dan Liga 1 sekarang ini.

"Eranya memang sudah berubah. Kami dulu, suporter sangat dekat dengan manajemen sehingga komunikasi dan hubungan jadi harmonis. Tapi sepak bola sekarang telah berubah, manajemen seperti eksklusif dan kurang akrab dengan suporter," tuturnya.

Padahal, lanjut Pilus, hubungan klub dan suporter merupakan simbiosis mutualisme.

"Era sepakbola industri membuat hubungan klub dengan suporter renggang. Kita hidup di Indonesia yang penuh kekerabatan. Jadi mari kita kembalikan warwah sepakbola kita yang damai," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Dampak Industrialisasi

Dampak industrialisasi itu, papar Pilus, menempatkan klub sebagai produsen yang menjual jasa tontonan. Sementara suporter diposisikan jadi konsumen yang butuh hiburan.

"Lihat saja banyak suporter klub di Indonesia melakukan protes atau sindiran seperti kalimat: kami suporter bukan konsumen. Kejadian kemarin murni antara Ultrasmania dengan manajemen yang tak melibatkan pendukung Deltras lho," jelasnya.

  • Gresik United adalah klub yang berasal dari kota Gresik, Jawa Timur

    Gresik United

  • Liga 2, sebelumnya dikenal dengan nama Divisi Utama/Satu Liga Indonesia adalah liga kasta ke-2 dalam Liga Indonesia di bawah Liga 1.
    Liga 2, sebelumnya dikenal dengan nama Divisi Utama/Satu Liga Indonesia adalah liga kasta ke-2 dalam Liga Indonesia di bawah Liga 1.
    Liga 2, sebelumnya dikenal dengan nama Divisi Utama/Satu Liga Indonesia adalah liga kasta ke-2 dalam Liga Indonesia di bawah Liga 1.

    Liga 2

Video Populer

Foto Populer