Sukses


BRI Liga 1: Belum Lepas dari Zona Degradasi, Arema FC Masih Bisa Pikat Sponsor Baru

Bola.com, Malang - Arema FC tak kunjung lepas dari zona degradasi BRI Liga 1 2023/2024. Tim Singo Edan justru menelan kekalahan 0-1 dari Persik Kediri di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada pekan ke-20, Senin (27/11/2023).

Di laga itu, jersey Arema tertempel sponsor baru di bagian belakang. Yakni perusahaan BUMN, Pertamina. Artinya, tim kebanggaan Aremania masih memiliki daya tarik dengan adanya sponsor baru , meski sedang berada di papan bawah.

“Alhamdulillah secara resmi Arema FC menjalin kerja sama dengan Pertamina. Ini dilakukan setelah melalui diskusi dan pembicaraan potensi-potensi dari kedua belah pihak,” kata manajer bisnis Arema FC, Munif Bagaskara Wakid.

Hanya saja, Arema tidak menyebutkan kisaran dana yang dikeluarkan Pertamina. Tapi, biasanya sponsor yang menempel di jersey menggelontorkan dana miliaran rupiah.

“Tentu ada nilai dari kerjasama ini. Namun yang perlu digaris bawahi, kerja sama ini adalah sebuah kolaborasi dari dua industri yang berbeda. Tapi memiliki semangat yang sama,” tambahnya.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Termotivasi

Dengan bergabungnya Pertamina sebagai sponsor, finansial Arema di putaran kedua BRI Liga 1 bakal lebih baik. Di putaran pertama, mereka sempat goyah. Meski tidak terlambat membayar gaji pemain, tapi beberapa penghematan harus dilakukan.

Termasuk aktivitas di jendela transfer paruh musim, Arema lebih banyak melepas pemain ketimbang merekrut pemain baru. Demi mendapatkan pemasukan besar, mereka rela melepas top skorer Liga 1, Gustavo Almeida ke Persija Jakarta.

3 dari 5 halaman

Stok Lokal Cukup

Pemain dengan gaji tinggi seperti Evan Dimas juga dilepas ke PSIS Semarang. Sebagai gantinya, dua pemain asing didatangkan. Julian Guevara dan Gilbert Alvarez.

Sedangkan pemain lokal, tidak ada yang direkrut. Manajemen Arema mengakui jika mereka harus beradaptasi dengan situasi di klub saat ini. Mengingat sumber pemasukan dari tiket pertandingan tak bisa dimaksimalkan selama jadi tim musafir di Bali.

4 dari 5 halaman

Modal Nama Besar

Bisa disimpulkan jika Pertamina mau jadi sponsor lantaran Arema masih memiliki nama besar. Meskipun musim ini mereka masih terpuruk. Minimnya Aremania yang datang langsung ke stadion juga tidak jadi persoalan bagi sponsor.

Di sisi lain, manajemen Arema juga berupaya mendekatkan diri kepada suporter. Mengingat sejak Tragedi Kanjuruhan tahun lalu, banyak Aremania yang pensiun memberi dukungan langsung ke stadion.

Tapi, beberapa waktu lalu manajemen Arema sempat memfasilitasi Aremania. Dengan cara menyiapkan akomodasi bagi suporter yang ingin memberi dukungan langsung di Bali. Hanya saja jumlahnya masih ratusan orang.

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Kesayanganmu

Video Populer

Foto Populer