Sukses


Baru Wisuda S2, Dokter Ahmad Ridhoi Temani Persebaya Hadapi Persija dengan Gelar Akademik Baru

Bola.com, Surabaya - Ahmad Ridhoi terlihat kian bersemangat menjalani tugasnya. Pria yang menjabat sebagai dokter tim Persebaya Surabaya itu secara resmi mendapat tambahan gelar akademik baru.

Ridho telah menjalani wisuda magister yang digelar pada pekan lalu, tepatnya Sabtu (2/12/2023). Dia lulus dari program studi Ilmu Kedokteran Dasar, Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga. Dia kini mendapat gelar akademik baru, yakni magister sains (M.Si.).

Dokter berusia 29 tahun itu menuturkan bahwa dia membutuhkan waktu lama untuk merampungkan kuliahnya. Masuk pada awal 2021, Ridho baru menyelesaikan tesis pada awal tahun 2023. Tapi itu tidak serta merta membuatnya segera wisuda.

"Ada beberapa urusan administrasi yang harus saya selesaikan. Salah satunya adalah penerbitan artikel ilmiah di jurnal internasional berindex Scopus," kata Ridhoi kepada Bola.com.

Ridhoi sebelumnya menulis tesis dengan judul "Detection of Candida is Cervical Cancer Tissue by Periodic Acid Shiff and Gomori Merthenamine Silver staning". Dari situ mencoba untuk menulis artikel ilmiah.

2 dari 4 halaman

Bersyukur

Beruntung, dia berhasil melewati proses dalam penentuan syarat kelulusan itu. Ridhoi lulus dari program studinya dengan IPK 3.62. Sayangnya, dia tidak mendapat predikat lulusan terbaik.

"Syarat jadi lulusan terbaik itu minimal IPK 3.66. Sayang sekali karena selisihnya kurang sedikit. Tapi, tidak apa-apa. Saya tetap bersyukur bisa mencapai ini," ungkap Ridhoi.

Sebagai dokter tim Persebaya, mengapa Ridho tidak mengambil topik yang berhubungan dengan olahraga? Rupanya hal ini berkaitan pula dengan penelitiannya di jenjang S1.

3 dari 4 halaman

Dampak Positif

Ridhoi meneruskan apa yang telah ditulisnya sejak program sarjana. Ditambah, dia mulai berkuliah magister saat belum bergabung Persebaya. Dia jadi dokter tim Bajul Ijo mulai pertengahan 2022 atau saat sudah mengerjakan tesis.

Meski demikian, semangat dokter asli Surabaya tetap bertambah dengan meraih gelar akademik baru. Dia ingin semangat ini juga memberi dampak positif untuk Persebaya mencoba lepas dari belenggu hasil buruk di BRI Liga 1 2023/2024.

"Di tengah situasi bahagia saya pribadi ini, semoga Persebaya bisa segera bangkit. Ilmu yang saya dapat di perkuliahan tentu akan bisa diterapkan dalam berbagai aspek, termasuk untuk tim Persebaya" ujar Ridho.

4 dari 4 halaman

Duel Kontra Jakarta

Persebaya saat ini sedang menatap laga kontra Persija Jakarta yang sarat gengsi. Duel pekan ke-22 BRI Liga 1 2023/2024 itu bakal digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (9/12/2023).

Pertandingan ini diharapkan jadi momentum tepat untuk bangkit setelah enam laga sebelumnya Persebaya belum berhasil menang.

Video Populer

Foto Populer