Sukses


PSSI Tunggu Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Ambil Sumpah Jadi WNI, Justin Hubner Menunggu Perpindahan Federasi

Bola.com, Jakarta - Anggota Komite Eksekutif (EXCO) PSSI, Arya Sinulingga, menyebut proses naturalisasi Timnas Indonesia atas nama Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On sudah rampung. PSSI kini menantikan kedua nama itu untuk ke Indonesia mengambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Proses permohonan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On sudah disetujui oleh Komisi X DPR RI. Pengajuan kedua nama itu berbarengan dengan Justin Hubner yang sudah mengambil sumpah menjadi WNI pada Rabu (6/12/2023).

Arya Sinulingga berharap Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On untuk meluangkan waktu agar bisa segera disumpah menjadi WNI. Setelah itu, pihaknya akan langsung mengurus pembuatan KTP dan pasport dari Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

"Saat ini kami sedang menunggu waktu yang dimiliki Jay Idzes dan Nathan untuk bisa ke Indonesia mengambil sumpah. Setelah kemarin proses ke DPR sudah diserahkan kepada Presiden," kata Arya Sinulingga.

"Setelah itu KTP dan Pasportnya juga akan diurus. Kami harapkan Jay dan Nathan bisa ke Indonesia untuk merampungkan proses-proses agar lebih cepat," tegas Arya Sinulingga.

-----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Perpindahan Federasi

Sementara itu, untuk Justin Hubner saat ini sedang menunggu proses perpindahan federasi di FIFA. PSSI sudah berkirim surat untuk mengubah status Justin Hubner yang sebelumnya berada di bawah Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB).

"Sama seperti Justin Hubner yang sudah selesai semuanya. Saat ini kami sedang menunggu surat dari perpindahan federasinya ke FIFA. Kami sudah kirim surat juga," jelas Arya Sinulingga.

Setelah proses perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI, maka Justin Hubner sudah bisa membela Timnas Indonesia. Menarik untuk menantikan aksi dari pemain Wolverhampton Wanderers U-21 itu.

3 dari 4 halaman

Masuk Daftar

Justin Hubner berpeluang membela Timnas Indonesia pada Piala Asia 2023. Nama Hubner disebut masuk dalam daftar 50 pemain yang didaftarkan PSSI ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Dalam daftar tersebut nantinya akan mengerucut ke 23 nama yang didaftarkan untuk skuad tetap Timnas Indonesia. Proses seleksi diyakini akan berlangsung di Turki selama Timnas Garuda melakukan pemusatan latihan.

Timnas Indonesia dijadwalkan melakoni pemusatan latihan di Turki pada akhir Desember 2023. Selama dua pekan para pemain akan ditempa untuk persiapan Piala AFC 2023 dan melakoni dua laga uji coba melawan Libya pada 2 dan 5 Januari 2024.

4 dari 4 halaman

Ragnar Oratmangoen Tahun Depan

Sementara itu, Ragnar Oratmangoen sudah masuk daftar antrian program naturalisasi untuk Timnas Indonesia. Namun, prosesnya disebut akan dimulai pada 2024.

Pemerintah saat ini fokus menyelesaikan proses naturalisasi dari Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Adapun Justin Hubner sudah menjadi WNI sejak Rabu (6/12/2023).

"Prosesnya masih belum siap seperti dua atlet ini. Jadi, sementara baru Jay dan Nathan. Mungkin Ragnar kita proyeksi di tahun depan," kata Menpora Dito Ariotedjo.

Video Populer

Foto Populer