Sukses


Pegadaian Liga 2: Targetkan Kemenangan, Nusantara United Siap Tampil All Out di Kandang PSIM Yogyakarta

Bola.com, Yogyakarta - Nusantara United dijamu PSIM Yogyakarta pada pekan ke-11 Pegadaian Liga 2 2023/2024. Kedua tim akan berduel di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Rabu (13/12/2023) sore WIB.

Pelatih Nusantara United, Guntur Cahyo Utomo mengintruksikan anak asuhnya untuk tampil ngotot dan all out meski timnya sudah dipastikan gagal melaju ke babak 12 besar Liga 2. Bagi Guntur, tiga poin penting buat mengembalikan kepercayaan diri pemain.

"Secara tim kami mempersiapkan diri dengan lebih baik. Kami ingin menjaga mood dan motivasi untuk berada di klasemen. Meskipun peluang untuk 12 besar sudah tertutup kemarin," ujar Guntur Cahyo dalam konferensi pers jelang laga, Selasa (12/12/2023) pagi.

"Tapi saya pikir dengan segala macam potensi mereka sanggup menikmati pertandingan. Itu yang kami tekankan, jadi saya pastikan pertandingan besok mereka akan tampil sebagai tim, yang termotivasi dan antusiasme tinggi serta punya determinasi. Semoga besok kami pulang dengan hasil terbaik," sambungnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Transisi

Guntur Cahyo Utomo belum lama ini didapuk sebagai pelatih kepala Nusantara United. Dia menggantikan posisi Rasiman yang didepak pada akhir bulan lalu. Rentetan hasil minor yang didapat jadi pertimbangan manajemen untuk menyudahi kerjasama dengan mantan asisten pelatih Persis Solo tersebut.

Nusantara United kini berada di posisi keempat klasemen sementara Grup 2 dengan koleksi 13 poin. Adapun PSIM Yogyakarta menempati peringkat kedua dengan torehan 20 angka. Ada tiga tim di grup ini yang sudah memastikan diri lolos ke fase 12 besar, selain PSIM adapula FC Bekasi City (23 poin) dan Malut United (19 poin).

Mantan Kepala Development Center PSS Sleman itu mengatakan, ada tantangan tersendiri saat menangani tim berjulukan Macan Dahan Borneo tersebut.

"Transisi selalu menyisakan hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan. Tantangan dibaliknya ada hal yang patut disyukuri juga, jadi kami ada suasana baru dan hal baru yang bisa dikejar oleh para pemain, mungkin ada harapan baru disitu," katanya.

"Tantangannya mungkin karena situasi tidak begitu menyenangkan kemarin, hasil-hasil minor sehingga untuk mengembalikan para pemain ke potensi terbaiknya menjadi pekerjaan rumah yang harus dikerjakan lebih cepat,".

"Secara umum sama saja, ini sepak bola para pemain tahu mereka profesional, mereka tahu pekerjaannya dan tahu peran apa yang harus dilakukan sehingga hanya dengan sedikit arahan saya pikir sudah kembali lagi dengan kemampuan terbaik," tambah dia.

 

3 dari 4 halaman

Berbenah

Secara keseluruhan, Guntur Cahyo menegaskan timnya dalam kondisi bagus dan siap tampil. Segala pembenahan dan evaluasi sudah dilakukan. Menurutnya, sektor pertahanan jadi prioritas utama untuk diperbaiki.

"Kami dua Minggu terakhir berusaha memperbaiki pertahanan, secara organisasi kami nyaman ketika bertahan dan ada situasi satu lawan satu yang masih rentan dan di proses latihan kami untuk mengejar ke situasi seperti itu," paparnya.

"Maka untuk waktu yang mepet so far so good kemarin kami lawan Malut United kebobolan dalam konteks kesalahan individu, sehingga sebetulnya getting better untuk bertahan. Semoga laga besok mereka jauh lebih matang lagi dalam konteks bertahan," harap Guntur Cahyo.

 

4 dari 4 halaman

Dua Pemain Absen

Dalam lawatannya ke Kota Gudeg, Nusantara United dipastikan tanpa dua pemainnya. Komang Tri harus absen karena cedera, sedangkan Mahdi Albar terkena akumulasi kartu kuning.

"Ada beberapa yang absen, salah satunya Komang Tri dan akumulasi Mahdi Albar. Dan yang lain semua fit," jelad Guntur Cahyo Utomo.

Sementara itu, kiper Nusantara United, Muhammad Rohan menyatakan kesiapan timnya. Rohan berujar, dia dan rekan setim siap memberikan yang terbaik di kandang lawan.

"Intinya dari para pemain sudah siap melakoni pertandingan besok melawan PSIM. Kami tetap punya motivasi untuk meraih tiga poin melawan PSIM apalagi ada suporter PSIM kami nambah semangat lagi," tegasnya.

Video Populer

Foto Populer