Sukses


Mantap! Persib Dukung Penuh Program Kolaborasi dengan Pemerintah Memajukan Industri Olahraga Indonesia

Bola.com, Bandung - Direktur Operasional PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Muhammad Iskandar Kunaefi sangat mendukung program kolaborasi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memajukan industri olahraga.

Dua program yang resmi diluncurkan Kemenpora dan Kemendikbudristek itu adalah Sport Management School (Smash) dan WiraMuda Academy. Untuk menyukseskan kedua program tersebut, dua kementerian itu menggandeng sejumlah mitra, salah satunya Persib.

Selain Persib, mitra program yang hadir pada saat penandatanganan perjanjian kerja sama antara lain Creathlete Sport Group, DBL Indonesia, Indonesia Basketball League (IBL), Liga Mahasiswa.

Kemudian juga ada Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK), RANS Simba Basketball, Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Aloshop, dan Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani).

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Inovasi

Sebagai informasi, Smash dan WiraMuda Academy merupakan progarm Kemenpora menjadi menjadi bagian dari Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dari Kemendikbudristek.

Program Smash hadir untuk mendorong mahasiswa menjadi pemeran utama yang dapat meningkatkan dan memajukan industri olahraga tanah air.

Sedangkan WiraMuda Academy merupakan sebuah panduan bagi komunitas yang terlibat dalam permainan besar bernama Live Commerce yaitu tempat berjualan sambil berinteraksi langsung dengan pemain atau konsumen.

3 dari 6 halaman

Ikut Memfasilitasi

Direktur Operasional PT PBB, Muhammad Iskandar yang hadir pada acara penandatanganan kerja sama di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (12/12/2023) itu siap memfasilitasi mahasiswa yang memiliki tekad memajukan industri olahraga.

"Sebagai pelaku industri olahraga, terutama sepak bola, kami menyatakan dukungan dengan kedua program pemerintah itu. Kita siap memfasilitasi mahasiswa yang punya tekad memajukan industri olahraga melalui program Smash dan terlibat dalam komunitas Live Commerce di WiraMuda  Academy," kata Iskandar.

"Kita kuatkan komitmen bersama untuk menyukseskan dua program ini, baik civitas akademika, pelaku industri olahraga di Kemenpora dan Kemendikbudristek," tambah Iskandar.

4 dari 6 halaman

Apresiasi dari Menpora

Terpisah, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo mengapresiasi manajemen Persib yang menerapkan penjualan tiket secara online setiap laga kandang Persib di BRI Liga 1 2023/2023.

Seperti diketahui sistem penjualan tiket laga kandang Persib Bandung saat ini 100 persen dijual secara online dengan cara satu NIK, satu tiket.

Menanggapi apresiasi Menpora, Dito Ariotedjo, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengaku sangat bangga sebab mendapat apresiasi dari pihak lain, salah satunya Menpora RI.

"Sesuatu yang kami banggakan karena kami secara sistim ticketing dan gate sistim diakui oleh pihak lain, oleh Menpora," ungkap Teddy Tjahjono saat dihubungi Rabu (13/12/2023).

"Apalagi dengan kejadian-kejadian kerusuhan akhir-akhir ini, menunjukkan memang sepak bola Indonesia perlu menggunakan sistim yang bisa mencegah kerusuhan," lanjut Teddy Tjahjono.

5 dari 6 halaman

Jadi Percontohan

Selain itu, dengan sistem tersebut diakui Teddy bisa membuat suasana menonton menjadi aman dan nyaman serta bisa mengidentifikasi siapa yang membeli dan menonton.

"Kami yakin ke depannya klub lain akan menggunakan sistem yang sama dengan kami karena ini adalah alasan keamanan dan keselamatan dari penonton," tutur Teddy.

Bahkan sambung Teddy sudah ada beberapa klub di BRI Liga 1 yang mulai menghubungi Persib untuk sekadar sharing terkait penerapan penjualan tiket secara online dengan memberlakukan 1 tiket 1 NIK (Nomor Induk Kependudukan).

"Saat ini yang full online penjualan tiket dengan menerapkan satu tiket satu KTP memang hanya Persib saja. Tidak menutup kemungkinan satu per satu klub lain mulai menerapkan seperti Persib," ucap Teddy sambil mengakhiri.

6 dari 6 halaman

Tengok Posisi Persib Musim Ini

Video Populer

Foto Populer