Sukses


3 Pemain Muda yang Pernah Bela Timnas Indonesia tapi Tak Dipanggil ke Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memang dikenal sebagai sosok juru taktik yang kerap memberikan kesempatan bagi para pemain muda, termasuk menuju perhelatan Piala Asia 2023.

Dari total 29 nama pemain yang dipanggil Shin Tae-yong, ada banyak sekali pemain berusia muda yang berpeluang untuk mengukir penampilan bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Pemain-pemain seperti Arkhan Kaka, Hokky Caraka, Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ivar Jenner, Justin Hubner, merupakan bekas binaan pelatih asal Korea Selatan itu saat mempersiapkan Timnas Indonesia U-20 untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Sayangnya, ada sejumlah pemain muda yang dulu pernah mendapat kesempatan istimewa dari STY untuk mengukir debut bersama skuad Garuda, tapi kini sudah tak lagi dipanggil untuk TC di Turki.

Padahal, mereka terhitung punya potensi yang spesial karena mendapat keistimewaan dari Shin Tae-yong. Berikut Bola.com menyajikan nama-nama yang kini telah tersingkir dari Timnas Indonesia tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Muhammad Ferarri

Salah satu pemain muda yang sebetulnya sudah cukup sering menjadi andalan Shin Tae-yong ialah Muhammad Ferarri. Mulanya, bek asal Jakarta ini merupakan tumpuan utama di Timnas Indonesia U-19.

Pemain asal Persija Jakarta ini bahkan pernah mendapatkan kesempatan untuk mengukir debut bersama Timnas Indonesia, tepatnya pada laga melawan Curacao pada agenda FIFA Matchday periode September 2022.

Ketika itu, Ferarri yang masih berusia 19 tahun turun sebagai pemain pengganti pada menit ke-73 untuk menggantikan Saddil Ramdani. Sayangnya, Ferarri sudah tak pernah lagi memperkuat skuad Garuda, terutama pada Piala Asia 2023 ini.

Sebab, ada banyak pemain yang lebih dipercaya Shin Tae-yong. Yang terbaru, muncul sosok bek kelahiran Jerman, Justin Hubner, yang baru saja merampungkan proses naturalisasinya menjadi WNI.

 

3 dari 4 halaman

Ronaldo Kwateh

Selain itu, Shin Tae-yong juga pernah memberikan kesempatan yang istimewa untuk pemain keturunan Libya, Ronaldo Kwateh. Sama seperti Ferarri, Ronaldo jadi salah satu senjata di Timnas Indonesia U-19.

Dia bahkan sukses mengunci posisi utama di Timnas Indonesia U-20 yang diterjunkan pada Piala Asia U-20 2023. Jauh sebelum itu, Ronaldo pernah mendapat kesempatan untuk mengukir debut di skuad senior.

Momen ini terjadi pada dua pertandingan uji coba melawan Timor Leste pada Januari 2022. Pada kesempatan ini, Ronaldo yang baru berusia 17 tahun sukses menyumbang satu assist dari dua laganya melawan Timor Leste.

Sayangnya, kiprah Ronaldo justru menurun ketika memutuskan bergabung dengan klub Liga Turki, Bodrum FK. Dia sempat mengalami cedera parah hingga harus absen dalam waktu yang lama.

 

4 dari 4 halaman

Alfeandra Dewangga

Berbeda dengan dua nama sebelumnya, Alfeandra Dewangga menjadi salah satu amunisi yang diproyeksikan untuk menghadapi Piala Dunia U-20 2021. Sayangnya, hajatan ini harus diundur dua tahun berikutnya dan akhirnya batal terselenggara.

Dewa sempat dicoret STY saat Timnas U-19 menggelar TC di Kroasia. Namun, dia mendapatkan kesempatan luar biasa untuk membantu Timnas Indonesia menghadapi Piala AFF 2020. Tak hanya itu, dia juga rutin dipanggil dalam beberapa kejuaraan berikutnya.

Sebut saja SEA Games 2021, Kualifikasi Piala Asia 2023, Piala AFF U-23 2023, hingga Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Dewa sempat lama absen dari Timnas Indonesia, sampai akhirnya kembali bermain melawan Turkmenistan pada FIFA Matchday peridoe September 2023.

Sayanngya, namanya sudah tak kembali muncul dalam daftar panggilan berikutnya. Bek berusia 22 tahun ini harus gigit jari karena tak bisa tampil bersama skuad Merah Putih di Piala Asia 2023.

Video Populer

Foto Populer