Sukses


Mengintip Peluang Tim ASEAN di Piala Asia 2023: Siapa Lolos ke Fase Gugur?

Bola.com, Jakarta - Gebyar Piala Asia 2023 akan dimulai pada Jumat (12/1/2024) di Qatar. Sebanyak 24 negara bersaing untuk menunjukkan yang terbaik di Asia dalam edisi kali ini.

Seperti beberapa tahun sebelumnya, kekuatan Asia selalu didominasi negara-negara Arab alias Asia Barat. Selain itu, ada pula kekuatan Asia Timur yang kerap melaju sampai babak empat besar dengan pertarungan juara.

Negara Asia Tengah maupun Asia Selatan selama ini hanya menjadi penggembira. Nasib mereka segendang sepenarian dengan negara Asia Tenggara (ASEAN) yang sejauh ini belum bisa berbicara banyak untuk bersaing sampai puncak.

Dalam edisi Piala Asia 2023, ada empat tim dari negara ASEAN yang akan bersaing, yakni Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. Mereka masuk ke grup yang tak mudah karena harus bersaing dengan tim-tim dengan tradisi juara.

Lantas, bagaimana peluang tim negara ASEAN itu bisa melaju jauh di Piala Asia 2023? Bola.com telah membuat ulasan mengenai hal itu. Simak ulasan berikut:

2 dari 4 halaman

Thailand

Tim satu ini termasuk tim kuat di Asia Tenggara, maklum statusnya adalah penguasa Piala AFF dengan capaian tujuh gelar juara. Namun di Piala Asia, Thailand masih kerap kesulitan bersaing.

Terakhir mereka tampil pada Piala Asia 2019 dan mampu lolos ke babak 16 besar. Sayangnya, mereka kemudian kalah 1-2 dari China dan gagal melaju lebih jauh. Itu adalah prestasi terbaik Thailand di Piala Asia.

Kali ini, mereka ke Grup F Piala Asia 2023 dan akan bersaing dengan Arab Saudi, Kirgistan, serta Oman. Persaingannya tak mudah karena Thailand jadi tim dengan peringkat terendah di grup ini.

Kendati demikian, Thailand masih berpeluang besar lolos dengan status runner-up atau slot peringkat ketiga. Tentu, mereka harus berjuang lebih keras untuk bersaing dengan tiga negara lainnya.

3 dari 4 halaman

Malaysia

Malaysia kembali masuk Piala Asia 2023 setelah terakhir tampil di edisi 2007 dengan status tuan rumah bersama Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Nasibnya kali ini sama seperti Thailand, jadi tim peringkat terendah di Grup E.

Tim Harimau Malaya akan bersaing dengan Korea Selatan, Yordania, dan Bahrain. Korea Selatan tentu masuk tim kuat, apalagi punya dua koleksi gelar juara.

Yordania dan Bahrain sebagai negara Arab juga punya kekuatan yang tak boleh dipandang sebelah mata.

Malaysia memiliki reputasi yang buruk dengan tak pernah lolos dari fase grup. Peluang mereka terlihat kecil di Grup E. Namun, bukan tak mungkin akan ada kejutan di edisi kali ini.

4 dari 4 halaman

Vietnam dan Indonesia

Sebuah kebetulan, Vietnam dan Indonesia yang merupakan negara ASEAN bakal bersaing di grup yang sama di Piala Asia 2023. Mereka masuk Grup D, bersaing dengan Irak dan Jepang.

Sudah tentu jalan terjal akan dihadapi Vietnam maupun Indonesia. Irak dan Jepang merupakan kolektor gelar Piala Asia. Kedua negara ini termasuk tim kuat dalam hampir setiap edisi Piala Asia.

Vietnam kemungkinan tetap akan berpeluang lolos mengingat mereka jadi tim ASEAN dengan peringkat FIFA tertinggi. Secara permainan, mereka terlihat mulai mampu bersaing untuk berbicara di Piala Asia.

Bagaimana dengan Indonesia? Dalam laga uji coba, Timnas Indonesia selalu menelan kekalahan melawan Libya dan Iran. Untuk peringkat FIFA, tim arahan Shin Tae-yong memiliki posisi terendah di antara kontestan Piala Asia 2023.

Video Populer

Foto Populer