Sukses


Jadwal Siaran Langsung Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Berebut Runner-up Vs Jepang

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia membuka asa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah melibas Vietnam 1-0 pada laga Grup D, Jumat (19/1/2023). Indonesia akan menjalani laga penentuan kontra Jepang, sedangkan Vietnam sudah dipastikan tersingkir meskipun masih menyisakan pertandingan terakhir melawan Irak. 

Tiga poin atas Vietnam sudah cukup untuk membuat Timnas Indonesia punya peluang lebih besar untuk melangkah ke 16 Besar Piala Asia 2023, mengingat dua kali kalah membuat Vietnam dipastikan tersingkir dari turnamen di Qatar itu.

Kini, Timnas Indonesia menghadapi tantangan berat untuk melangkah ke babak 16 besar. Indonesia akan menghadapi Jepang pada laga penentuan Grup D, Rabu (24/1/2023). 

Irak sudah memastikan lolos ke babak 16 besar. Artinya, Jepang dan Indonesia akan berebut posisi runner up dari Grup D.  Timnas Indonesia punya peluang untuk melangkah ke 16 Besar Piala Asia 2023 sebagai runner-up Grup D. Caranya adalah dengan mengalahkan Jepang pada laga terakhir. 

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Skenario

Dengan enam poin yang dimiliki, andai kemenangan di laga terakhir itu bisa diraih, Timnas Indonesia tetap akan berada di bawah Irak andai Singa Mesopotamia itu kalah sekalipun dari Vietnam pada laga terakhirnya.

Kemenangan Timnas Indonesia atas Jepang dan kekalahan Irak dari Vietnam akan membuat Irak dan Indonesia sama-sama memiliki enam poin. Namun, karena Tim Garuda kalah 1-3 dari Irak pada laga pertama, maka Irak akan tetap berada di atas Timnas Indonesia.

Lalu bagaimana jika Timnas Indonesia kalah atau imbang dari Jepang. Dengan situasi saat ini sama-sama memiliki tiga poin, gagal menang atas Jepang akan membuat Tim Garuda tetap ada di peringkat ketiga Grup D Piala Asia 2023.

Jika berhasil menahan imbang Jepang, selisih poin di antara kedua tim yang akan dihitung. Hingga setelah pertandingan kedua, Jepang punya selisih +1, sementara Timnas Indonesia -1.

Artinya, hasil imbang tidak akan mengubah posisi kedua tim, dan Timnas Indonesia akan tetap unggul satu poin atas Vietnam andai The Golden Star Warriors bisa mengalahkan Irak.

3 dari 4 halaman

Peringkat 3 Terbaik

Seandainya Timnas Indonesia kalah dari Jepang, seperti yang banyak diprediksi oleh semua orang di dunia, Timnas Indonesia akan tetap ada di peringkat ketiga Grup D.

Dengan tiga poin dari kemenangan atas Vietnam, Timnas Indonesia akan tetap ada di peringkat ketiga andaipun Vietnam menang atas Irak di pertandingan terakhir. Alasannya, Timnas Indonesia unggul head to head kontra Vietnam.

Lalu apakah dengan menempati peringkat ketiga di Grup D lantas Timnas Indonesia akan lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023? Peluangnya sangat besar, karena ada empat tim peringkat ketiga dari enam grup yang akan ikut lolos ke fase selanjutnya.

Meski Grup E dan F belum memainkan laga keduanya, Timnas Indonesia di Grup D menjadi satu-satunya tim peringkat ketiga dengan raihan 3 poin. Sementara di Grup A hingga C, ada Tajikistan, Suriah, dan Palestina yang baru punya satu poin dari dua laga.

Peluang Tim Garuda akan semakin besar jika mampu menahan imbang Jepang. Namun, andai kalah dan hanya punya 3 poin pun, mimpi Timnas Indonesia tetap terjaga walau harus melihat hasil dari kelima grup lainnya.

4 dari 4 halaman

Jadwal Siaran Langsung

Jepang Vs Indonesia

Al Thumamma Stadium

Rabu, 24 Januari 2024

Pukul 18.30 WIB

Live: RCTI

Video Populer

Foto Populer