Sukses


PSSI Ingin Naturalisasi Oratmangoen, Tjoe-A-On, Haye, dan Paes Cepat Selesai demi Perkuat Timnas Indonesia, Idzes Bisa Gabung

Bola.com, Jakarta - PSSI ingin naturalisasi empat pemain diaspora cepat selesai supaya bisa memperkuat Timnas Indonesia yang baru saja tersingkir dari 16 besar Piala Asia 2023 Qatar.

Keempat pemain itu adalah winger Fortuna Sittard di Liga Belanda, Ragnar Oratmangoen, duo SC Heerenveen di Liga Belanda, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, dan kiper FC Dallas di Liga Amerika Serikat, Maarten Paes.

Khusus Nathan Tjoe-A-On, seharusnya proses perpindahan kewarganegaraannya telah tuntas pada akhir Desember 2023 bersamaan dengan pelantikan Jay Idzes.

Namun, bek yang dipinjamkan klub Inggris, Swansea City, ke SC Heerenveen itu disebutkan belum mempunyai waktu untuk diambil sumpah kewarganegaraannya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penjelasan Arya Sinulingga

"Sementara ini, kami masih ada empat pemain diaspora dalam proses naturalisasi," ujar anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, dalam akun Instagramnya, @arya.m.sinulingga, Senin (29/1/2024).

"Semoga bisa cepat selesai sehingga bisa memperkuat Timnas Indonesia. Semangat coy," imbuh pria yang juga tangan kanan Ketua PSSI, Erick Thohir, tersebut.

Jika naturalisasi keempat pemain itu dapat selesai sebelum akhir Maret 2024, Ragnar Oratmangoen, Nathan Tjoe-A-On, Tom Haye, dan Maarten Paes berpeluang untuk debut dengan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

3 dari 4 halaman

Berpeluang Debut di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selain itu, Jay Idzes juga bisa mencatatkan penampilan perdananya dengan tim berjulukan Skuad Garuda itu setelah gagal berkiprah di Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia akan menjalani lanjutan putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Timnas Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024.

Penambahan lima pemain diaspora diyakini bakal membuat Timnas Indonesia bisa bersaing di level Asia, sesudah pencapaian membanggakan di Piala Asia 2023.

4 dari 4 halaman

Unggahan Arya Sinulingga

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Arya Sinulingga (@arya.m.sinulingga)

Video Populer

Foto Populer