Sukses


PSSI Menjawab Kabar Shin Tae-yong Hendak Dibajak Tim Lain: Sama-Sama Menghormati Kontrak dan Target yang Disepakati

Bola.com, Jakarta - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, buka suara terkait kabar yang beredar bahwa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mendapatkan tawaran dari tim lain.

Arya meminta Shin Tae-yong untuk menghargai kontraknya bersama PSSI sebagai pelatih Timnas Indonesia dan timnas U-23 hingga Juni 2024.

Selain itu, Shin Tae-yong juga diharapkan berkomitmen dengan target-target yang telah disetujuinya bersama PSSI di di Timnas Indonesia dan timnas U-23.

"Sama-sama menghormati kontrak dan target-target yang sudah disepakati bersama," ujar Arya kepada sejumlah wartawan pada Selasa (30/1/2024) sore WIB.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pengakuan Shin Tae-yong

Sebelumnya, Shin Tae-yong mengaku menerima pinangan dari kesebelasan lain dalam wawancaranya dengan media Korea Selatan, Sports Khan, yang tayang pada Selasa (30/1/2024),

Shin Tae-yong dilamar oleh tim lain ketika masih memimpin Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, yang lajunya telah berhenti di babak 16 besar.

"Saya menerima tawaran itu sekitar sepekan yang lalu," ujar Shin Tae-yong dinukil dari Sports Khan.

Namun, Shin Tae-yong memastikan bahwa pinangan itu bukan berasal dari tim nasional negara Asia Tenggara, seperti Timnas Vietnam yang masih susah move on dari arsitek asal Korea Selatan lainnya, Park Hang-seo.

3 dari 5 halaman

Kemungkinan Perpanjangan Kontrak

"Saya seharusnya tidak akan melatih lagi di ASEAN," imbuh Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menyatakan bahwa kontraknya sebagai pelatih Timnas Indonesia dan U-23 akan habis pada Juni 2024 dan ia memilih untuk menghormati perjanjian itu.

Shin Tae-yong juga buka-bukaan bahwa pembahasan mengenai perpanjangan masa bakti dengan PSSI telah berjalan, namun belum menghasilkan kesepakatan yang konkret.

4 dari 5 halaman

Janji Shin Tae-yong

"Ada diskusi mengenai kontrak baru dengan Timnas Indonesia dan saya bisa saja membayar denda untuk pergi ke tempat lain," ucap Shin Tae-yong.

"Namun, untuk saat ini, saya sudah berjanji mempunyai kontrak bersama Timnas Indonesia sampai Juni 2024," kata Shin Tae-yong.

Sebelumnya, PSSI sudah berencana untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong hingga tiga tahun ke depan asalkan memenuhi dua target untuk Timnas Indonesia dan timnas U-23.

5 dari 5 halaman

2 Target untuk Shin Tae-yong

Shin Tae-yong telah mewujudkan keinginan PSSI dengan meloloskan Timnas Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023. Arsitek berusia 53 tahun itu tinggal membawa Timnas Indonesia U-23 ke perempat final Piala Asia U-23 2023.

Timnas U-23 akan berkancah di Piala Asia U-23 2024 pada 15 April-3 Mei 2024 dan tergabung dalam Grup A bersama tuan rumah Timnas Qatar, Timnas Australia, dan Timnas Yordania.

"Sesuai dengan kesepakatan, Shin Tae-yong dikontrak sampai Juni 2024. Misalnya timnas U-23 lolos ke ke 8 besar Piala Asia U-23 2024, bukan tidak mungkin mandatory ia mendapatkan perpanjangan kontrak hingga 2027," tutur Ketua PSSI, Erick Thohir, pada beberapa waktu lalu.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer